Analisis gaya belajar mahasiswa HMJ TEP UM (studi proses belajar mahasiswa Himpunan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang tahun 2017) / Kurnia Kusuma Bagustiafan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gaya belajar mahasiswa HMJ TEP UM (studi proses belajar mahasiswa Himpunan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang tahun 2017) / Kurnia Kusuma Bagustiafan

Bagustiafan, Kurnia Kusuma (2018) Analisis gaya belajar mahasiswa HMJ TEP UM (studi proses belajar mahasiswa Himpunan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang tahun 2017) / Kurnia Kusuma Bagustiafan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Bagustiafan Kurnia Kusuma. 2017. ANALISIS GAYA BELAJAR MAHASISWA HMJ TEP UM (Studi Proses Belajar Mahasiswa Himpunan Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun 2017). Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Zainul Abidin M. Pd (II) Saida Ulfa M.Edu. Ph.D Kata Kunci Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Proses Belajar. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia yang ingin maju dan berkembang dari ketertinggalan. Sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara . Berdasarkan jenis belajar yang ada peneliti menggunakan gaya belajar berdasarkan teori kolb dimana pada gaya beajar ini terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan diataranya (1) Accomodator dimana pada gaya belajar ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar berdasarkan pengalaman dan aktif bereksperimen (2) Diverger gaya belajar berdasarkan pengalaman dan mengamati (3) Converger gaya belajar dimana seseorang lebih menyukai sesuatu yang abstrak dan aktif bereksperimen (4) Assimilator gaya belajar dimana seseorang menyukai sesuatu yang abstrak dan mengamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena data dan informasi yang peneliti kumpulkan lebih banyak bersifat keteranganketerangan atau penjelasan yang bukan berbentuk angka. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Sesuai dengan jenis penelitian kualitatif dan sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian deskriptif digunakan berdasarkan pertimbangan bahwa masalah-masalah yang akan diteliti sedang berlangsung pada masa sekarang yang bertujuan untuk menganalisa fenomena-fenomena tersebut. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif maka jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian laporan diri (self-report research). Penelitian self-report ini mengharuskan informasi dikumpulkan oleh orang tersebut yang juga berfungsi sebagai peneliti. Dalam penelitian self-report yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan alat bantu untuk memperoleh data yakni menggunakan buku catatan kamera dan handphone sebagai alat untuk memaksimalkan dalam memperoleh data dilapangan. Berikut upaya-upaya yang bisa menjadi referensi bagi mahasiswa yang menjalani roda-roda kegiatan perkuliahan sekaligus organisasi secara bersamaan dalam satu waktu atau disebut dengan berjalan beriringan berikut penjelasannya Keinginan bakat dan minat yang dimiliki individu pastinya berbeda-beda sehingga alangkah lebih baiknya memberikan porsi kepada kemampuan yang dikuasaiii kedalam hal yang bersifat membangun kearah positif. Maka dari itu mahasiswa akan mendapatkan dukungan keadaan yang bersifat mengikat antara keinginan mahasiswa dengan sekitarnya. Membangun literasi dengan mahasiswa pada umumnya dengan mengedepankan pengembangan diri dalam lingkup pembelajaran yang terorganisir. Sehingga tidak adanya tumpang tindih antara tugas perkuliahan dengan kegiatan organisasi mahasiswa dilingkungan kampus maka dari itu apa. Dari analisis peneliti secara keseluruhan didapati hasil belajar sebagai berikut a) Mahasiswa HMJ TEP UM 2017 mendapatkan nilai yang cukup memuaskan dalam hal kesuluruhan mata kuliah yang ditempuh pada saat mengikuti HMJ tahun ini b) Ada beberapa mata kuliah yang mendapatkan nilai yang belum memuaskan c) Mahasiswa HMJ TEP UM 2017 rata-rata mendapatkan nilai lumayan baik d) Perkiraan rata-rata kenaikan proses studi dari 2 semester terakhir yang dijalani oleh mahasiswa HMJ TEP UM 2017 yaitu sebagian besar mahasiswa e) Dalam beberapa kasus mahasiswa HMJ TEP UM 2017 mengalami penurunan yang tidak signifikan dikarenakan permasalahan teknis seperti salah input nilai atau tugas hilang dsb sehingga mendapati nilai yang tidak sesuai keinginan. Dari sekian mahasiswa HMJ TEP UM 2017 yang mengalami penurunan nilai yaitu sebagian kecil mahasiswa f) Mahasiswa yang mendapatkan permasalahan penurunan nilai tersebut ada yang bersikap tenang sehingga tidak ada apa-apa ada juga yang bersifat proaktif untuk mengejar atau tidak mengulangi lagi hal yang sama dikemudian hari ada juga yang mendapatkan tersebut dengan lapang dada serta tau diri bahwa memang benar yang dicapai itu adalah kemampuannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item