Visualisasi tumbuhan benalu sebagai inspirasi berkarya seni grafis / Galan Arkasa Pramintara - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi tumbuhan benalu sebagai inspirasi berkarya seni grafis / Galan Arkasa Pramintara

Pramintara, Galan Arkasa (2019) Visualisasi tumbuhan benalu sebagai inspirasi berkarya seni grafis / Galan Arkasa Pramintara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pramintara Galan Arkasa. 2018. Visualisasi Tumbuhan Benalu sebagai Inspirasi Berkarya Seni Grafis. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. Kata Kunci Visualisasi Benalu Inspirasi Cetak Tinggi. Tumbuhan benalu merupakan penggambaran sisi buruk yang dimiliki manusia. Perenungan ini menjadikan suatu pemahaman bahwa tumbuhan benalu sebagai filosofi kehidupan bahwa tidak hanya kalangan manusia yang saling menyerang pada tumbuhan pun juga sering terjadi penyerangan. Sehingga sebagai makhluk kita seharusnya dapat membentengi diri dan memulai kebaikan dari diri sendiri agar tidak menjadi benalu bagi orang lain. Melalui karya seni grafis memunculkan inspirasi untuk mengeksplorasi dan memvisualisasikan bentuk tumbuhan benalu dan potongan figur manusia sebagai wujud ekspresi yang diambil dari rasa kegelisahan akan sifat manusia yang mirip dengan tumbuhan benalu untuk memberikan dorongan batin dan pendidikan karakter kepada masyarakat untuk tidak teralalu bergantung pada orang lain. Berdasarkan dari permasalahan tersebut pencipta menjadikannya sumber ide atau gagasan dalam penciptaan karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Metode penciptaan dalam karya Seni Grafis Cetak Tinggi ini berpedoman pada metode Hawkins yakni eksplorasi eksperimentasi dan perwujudan. Metode tersebut kemudian dikembangkan menjadi (1) Identifikasi yang berupa perenungan latar belakang masalah hingga terumuskan ide (2) Pembuatan konsep karya yang berupa penentuan tema hingga eksplorasi teknik alat dan bahan dan (3) Proses visualisasi yang berupa pembuatan sketsa hingga perwujudan karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya Seni Grafis Cetak Tinggi diantaranya (1) Tumbuh dibagian Otot (2) Penghambat Langkah (3) Membebani Punggung (4) Berdandan (5) Parasit Hati dan (6) Tidak Sesuai Janji. Media estetik (titik garis bentuk ruang warna dan tekstur) digunakan untuk mewujudkan karya pada kertas atau kanvas agar sesuai konsep. Media artistik (alat dan bahan) digunakan untuk mewujudkan karya secara nyata dan orisinil. Berdasarkan hasil penciptaan ini diharapkan dapat memberikan perubahan bagi masyarakat untuk menjadi manusia yang lebih mengutamakan simpati dan empati kepada makhluk lain agar tidak membebani mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73317

Actions (login required)

View Item View Item