Pengembangan media audio visial promosi pariwisata Banyuwangi / Bagas Marga Pramana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audio visial promosi pariwisata Banyuwangi / Bagas Marga Pramana

Pramana, Bagas Marga (2017) Pengembangan media audio visial promosi pariwisata Banyuwangi / Bagas Marga Pramana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramana Bagas. Marga. 2016. Pengembangan Media Audio Visual Promosi Pariwisata Banyuwangi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Triyono Widodo M. Sn Kata Kunci Media audio visual promosi pariwisata Banyuwangi Ada berbagai media promosi yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi dan banyak bentuknya. Saat ini merupakan era digital yang menjadi acuhan pemerintah Banyuwangi untuk lebih mengenalkan objek pariwisatanya keluar daerah bahkan luar negeri. Maka dari itu pengembangan media promosi pariwisata Banyuwangi tengah di bangun agar lebih menarik minat wisatawan untuk datang ke Banyuwangi. Dinas Pariwisata Banyuwangi memberikan sikap positif tentang adanya itu. Bertolak dari latar belakang tersebut penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual promosi pariwisata dalam bentuk Adobe Flash yang berjudul The Other Diamond of Banyuwangi. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi. Prosedur pengembangannya terdiri dari enam langkah antara lain 1)penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan draf produk 3) pengembangan draf media dan validasi ahli 4) uji coba kelompok kecil 5) revisi produk hasil uji kelompok kecil 6) hasil produk. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif dari validator ahli materi dan ahli media beserta responden saat uji coba lapangan. Instrumen yang digunkan dalam mengambil data kuantitatif berupa angket yang diisi oleh para validator sedangkan instrumen untuk mengambil data kualitatif berupa kritik dan saran dari para validator dalam bentuk tertulis. Hasil penelitian pengembangan adalah sebagai berikut 1) penilaian kuantitatif dari uji ahli media adalah 76 78% yang meliputi penilaian pada tampilan media penyajian daya tarik komposisi warna ukuran font jenis font dan bahasa. Media promosi valid dan perlu perbaikan di bagian visual dan komposisi warna 2) penilaian kuantitatif dari uji ahli materi adalah 39 3% yang meliputi penilaian pada kebenaran dari materi isi materi pada media penyajian materi dan kesesuaian materi. Angka tersebut menunjukkan materi kurang valid dan masih kurang layak dan perlu adanya banyak perbaikan pada isi materi terutama penambahan objek pariwisata 3) penilaian kuantitatif dari responden yang khususnya dari daerah luar daerah Banyuwangi adalah 60 6%. Penilaian tersebut mencakup daya tarik dan keefektifan media promosi. Angka tersebut menunjukkan bahwa produk layak untuk dijadikan media promosi namun saran dari responden masih perlu sedikit aspek tambahan seperti objek pariwisata alam dan budaya komposisi warna pada layout juga perlu adanya penambahan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk penelitian selanjutnya adalah konten pada media selanjutnya hendaknya lebih diperdalam dan diperluas. Disarankan juga agar dapat dilakukan dengan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73242

Actions (login required)

View Item View Item