Kaligrafi Arab asmaul husna Arrahmaan Arrahiim sebagai inspirasi dalam penciptaan batik lukis / Agus Salim - Repositori Universitas Negeri Malang

Kaligrafi Arab asmaul husna Arrahmaan Arrahiim sebagai inspirasi dalam penciptaan batik lukis / Agus Salim

Salim, Agus (2020) Kaligrafi Arab asmaul husna Arrahmaan Arrahiim sebagai inspirasi dalam penciptaan batik lukis / Agus Salim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Salim Agus. 2019.Kaligrafi Arab Amaul Husna Arrahmaan Arrahiim Sebagai Inspirasi Karya Seni Batik Lukis.Skripsi Jurusan Seni dan Desain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimin M. Hum. (II) Lisa Sidyawati S.Pd M Pd. Kata kunci Kaligrafi Arab Asmaul Husna Arrahmaan Arrahiim Penciptaan Karya Seni Batik Lukis. Kaligrafi Arab merupakan seni tulis menulis yang memiliki nilai artistik yang berupa huruf hijaiyyah (Arab). Kaligrafi arab memiliki nilai religi/khasanah yang digenggam naungan umat islam yang diterapka dalam tulisan al qur an hadist asmaul husna dan arsitektur bangunan islam sebagai syi ar seni islami. Salah satunya gaya kaligrafi islam diwani jaly yang memiliki lues dan padat. Hal ini merupakan latar belakang yang menjadi sumber inspirasi munculnya idebatik lukis kaligrafi Arab dengan mengangkat asmaul husna arrahmaan arrahiimsebagai skripsi penciptaan. Dalam skripsi penciptaan ini pencipta menggunakan tahap-tahap proses penciptaan yang meliputi ekplorasi perancangan perwujudan. Pada tahap eksplorasi pencipta mengkaji lebih dalam terkait sumber ide penciptaan yang berupa kaligrafi Arab asmaul husna arrahmaan arrahiim baik dari segi sejarahnya nilai filosofisnya gaya karakternya. Sehingga pencipta dapat memunculkan gaya pribadi dengan mengutamakan nilai keterbacaan dan estetiknya. Tahap selanjutnya pencipta melakukan eksplorasi teknik dan bahan pencipta memilih kain primissima sebagai media dan pewarna remasol dalam penciptaan ini. Dalam eksplorasi teknik pencipta mengguakan teknik colet dengan warna gradasi gaya abstrak sehinggga dapat memunculkan efek-efek seperti akar-akaran dan gelembung. Kemudian proses pencantingan pencipta menggunakan canting dan kuas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil karya yang diciptakan berjumlah delapan karya batik lukis kaligrafi Arab yang menerapkan tiga aspek diantaranya aspek visual estetik aspek proses dan aspek nilai. Dengan adanya aspek tersebut sebagai hal yang penting dalam menciptakan karya batik lukis kaligrafi Arab yang Fine Art. Dalam skripsi penciptaan ini bertujuan sebagai syi ar dalam mengenal asmaul husna melalui karya batik lukis untuk mempertahankan eksitensi karya seni islam yang berupa kaligrafi Arab yang diterapkan dengan seni budaya lokal yang berupa batik lukis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73169

Actions (login required)

View Item View Item