Penciptaan infografis tentang drone sebagai media pembelajaran untuk siswa SMK Jurusan Produksi Film / Abdurrachman Wachid

Wachid, Abdurrachman (2020) Penciptaan infografis tentang drone sebagai media pembelajaran untuk siswa SMK Jurusan Produksi Film / Abdurrachman Wachid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Wachid, Abdurrachman. 2019. Infografis Tentang Drone Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMK Jurusan Produksi Film. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Moch. Abdul Rohman, S.Sn., M.Sn dan Abdul Rahman Prasetyo, S. Pd., M.Pd. Kata kunci : Drone dan infografis. Drone adalah pesawat tanpa awak yang mampu terbang dan dikendalikan dari jarak jauh. Pesawat tanpa awak atu UAV (Unnamed Aerial Vehicles) adalah sebuah mesin berteknlogi canggih yang mampu terbang hingga membawa muatan atau bahkan memiliki kamera. Perkembangan teknologi drone juga mulai banyak diterapkan di berbagai sektor antara lain keadaan darurat mencari orang hilang, lingkungan hidup, pemerintahan, pembangunan, memantau lokasi bencana alam, pemadam kebakaran, inspeksi sutet, kepolisian, keamanan publik hingga kebutuhan dokumentasi atau pertelevisian dan terutama untuk produksi film.Dilihat dari kebutuhan produksi film saat ini drone sangat dibutuhkan demi menunjang konten video. Pembelajaran siswa SMK jurusan produksi film secara tidak langsung harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dalam penerapan mata pelajaran yaitu menggunakan drone. Tujuan penciptaan karya infografis ini adalah untuk memperkenalkan drone dan kegunaannya dalam meningkatkan kemampuan siswa SMK jurusan produksi film agar mampu menghasilkan karya yang lebih baik serta kegiatan kreatif lainnya yang bersifat positif. Metode penciptaan yang digunakan dalam penciptaan ini secara prosedural dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memaparkan langkah-langkah secara berurutan dari proses awal hingga akhir. Prosedur penciptaan dimulai dari melakukan pencarian data, perancangan konsep, hingga visualisasi. Hasil dari penciptaan karya infografis ini meliputi (1) proses pra-produksi yang meliputi ekplorasi ide, pengumpulan datadan analisis data serta proses produksi meliputi perancangan konsep tata letak, memilih desain tata letak hingga perwujudan karya sampai hasil akhir (2) karya yang dihasilkan berupa karya cetak berukuran A2 berjumlah 6 buah (3) hasil karya akhir dipamerkan agar masyarakat dapat mengapresiasi karya yang telah diciptakan. Selain sebagai pembelajaran apresiasi dan penyampaian informasi bagi penikmat, karya yang diciptakan diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai drone beserta fungsinya dalam mengoptimalkan kinerja manusia sehingga mampu mengefisiensi waktu, tenaga dan pikiran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73166

Actions (login required)

View Item View Item