Analisis karakter desain keramik gerabah hias ornamen serat alam di sentra pagelaran Kabupaten Malang / Indro Adhi Nugroho

Nugroho, Indro Adhi (2020) Analisis karakter desain keramik gerabah hias ornamen serat alam di sentra pagelaran Kabupaten Malang / Indro Adhi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indro Adhi Nugroho, 2019, Analisis Karakter Desain Keramik Gerabah Hias Ornamen Serat Alam di sentra Pagelaran Kabupaten Malang,Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Ponimin, M.Hum. (II) Lisa Sidyawati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Gerabah Hias Ornamen Serat Alam.. Gerabah merupakan alat perkakas tumah tangga yang umum digunakan sejak jaman dahulu, gerabah juga digunakan dalam acara-acara keagamaan. Saat ini fungsi gerabah sudah banyak bergeser dari alat perkakas rumah tangga atau upacara, menjadi alat/ benda yang berfungsi sebagai souvenir/ benda hias. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat perkembanganproduksi gerabahsaat ini,tentang bentuk gerabah yang diproduksi serta tentang visualisasi bentuk berornamen serat alam dan ragam hias gerabah produksi sentra Pagelaran Kabupaten Malang. Bentuk gerabah yang diteliti berbentuk kendi, pot, bentuk gerabah gajah kreasi, dan gerabah kuda kreasi. Gerabah-gerabah tersebut diberi tambahan seni tali serat alam dari tali goni dan tali rotan. Seni tali dasar yang digunakan berdasarkan seni tali dasar makrame bentuk tali tunggal bentuk rantai dengan kombinasi rajut segitiga dan rajut cucuk. Untuk tali rotan menggunakan bentuk lingkaran, dan bentuk tali lurus yang bersinggungan secara horizontal dan vertikal. Hasil produksi gerabah di sentra Pagelaran Kabupaten Malang berapa gerabah hias dengan kreasi seni. Dikombinasikan dengan seni tali serat alam dari tali goni dan tali rotan yang menghasilkan produk gerabah yang khas sebagai alat/ benda souvenir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73164

Actions (login required)

View Item View Item