Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media power point untuk meningkatkan pemahaman dasar siswa pada materi gambar ilustrasi teknik digital kelas VIII-F SMP Negeri 1 Malang / Aqim Amral Hukmi

Hukmi, Aqim Amral (2020) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media power point untuk meningkatkan pemahaman dasar siswa pada materi gambar ilustrasi teknik digital kelas VIII-F SMP Negeri 1 Malang / Aqim Amral Hukmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hukmi, Aqim Amral. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar Siswa pada Materi Gambar Ilustrasi Teknik Digital Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum., (II) Denik Ristya Rini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Dasar, Power Point, Gambar Ilustrasi, TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman dasar siswa terhadap materi menggambar ilustrasi teknik digital, hal ini ditandai dengan nilai ketuntasan belajar yang masih mencapai 43,75% sedangkan target yang diharapkan >75%, demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran yang masih bersifat konvensional yaitu metode ceramah saja. Penelitian ini ditujukan pada penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam materi menggambar ilustrasi. Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media powerpoint terhadap peningkatan pemahaman dasar siswa kelas VIII-F pada materi Gambar Ilustrasi Teknik Digital?. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman dasar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Malang pada mata pelajaran Gambar Ilustrasi Teknik Digital setelah model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media power point diterapkan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan 2 siklus, pada siklus I dan siklus II. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus terdiri dari 4 tahap yakni: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflective). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-F SMPN 1 Malang yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media power point pada pembelajaran menggambar ilustrasi teknik digital menunjukkan adanya peningkatan, terlihat siswa sangat senang bekerja dalam kelompok juga antusias dalam kegiatan turnamen akademik, demikian pula perolehan nilai siswa dalam pembelajaran materi menggambar ilustrasi. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 74,5 dan pada siklus II 80,0 atau sebanyak 84,37% siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meingkatkan pemahaman dasar siwa pada materi menggambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73162

Actions (login required)

View Item View Item