Indentifikasi desain kerajinan kuningan di central of bronzes milik H. Istono Mojoagung Kabupaten Jombang / Dika Pamungkas

Pamungkas, Dika (2020) Indentifikasi desain kerajinan kuningan di central of bronzes milik H. Istono Mojoagung Kabupaten Jombang / Dika Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pamungkas, Dika. 2019. Identifikasi Desaim Kerajinan Kuningan di Central of Bronzes Milik H. Istono Mojoagung Kabupaten Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn., (II) Abdul Rohman Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kualitatif, Wawancara, Kerajinan Kuningan, Desain Kerajinan kuningan merupakan salah satu warisan peninggalan nenek moyang yang sudah turun temurun. Sampai saat ini, kerajinan kuningan masih dipertahankan bahkan dikembangkan hingga menjadi wirausaha dan mata pencaharian. Kerajinan cor kuningan sebagai suatu karya seni terapan yang penciptaannya terikat nilai estetis dan nilai praktis berupa pemenuhan kebutuhan benda hias serta kebutuhan fungsional sehari-hari. Kerajinan kuningan di Central of Bronzes milik H. Istono terbuat dari limbah kuningan yang diolah kembali menjadi barang baru yang lebih berguna dan bernilai seni tinggi. Produk kerajinan kuningan ini memperhatikan desain produk sesuai keinginan konsumen agar bisa berkembang memenuhi tuntutan pasar. Desain produk merupakan proses pengembangan ide-ide yang efektif dan efisien dengan menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang mengarah pada penciptaan produk baru untuk memenuhi keinginan pelanggan. Hal ini dilakukan melalui pendekatan sistematis melalui penuangan ide-ide dalam bentuk konsep desain produk, mengevaluasi ide-ide, dan mengubahnya menjadi produk secara nyata sehingga bermanfaat untuk orang lain. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan desain kerajinan kuningan dan mengidentifikasi jenis desain kerajinan kuningan di Central of Bronzes milik H. Istono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi data, sedangkan analisis data dilaksanakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan 2 (dua) hal, yakni: Pertama, perkembangan desain kerajinan kuningan di Central of Bronzes dipengaruhi oleh minat dan permintaan dari konsumen serta perkembangan zaman. Pada awalnya yang hanya sebatas membuat pakaian kuda, alat-alat dapur, dan klintingan kini menjadi benda hias interior yang juga lebih fungsional dan estetik. Desain juga berasal dari para konsumen sendiri yang menghendaki produk tertentu sesuai keinginannya. Kedua, desain kerajinan kuningan di Central of Bronzes milik H. Istono terdiri dari 3 (tiga) jenis, yakni: desain imajinatif, desain abstrak, dan desain figuratif. Desain imajinatif kerajinan kuningan ini berbentuk tiruan alam yang telah berubah. Bentuk-bentuk alam diubah menjadi bentuk baru yang keluar dari bentuk aslinya menurut gagasan imajinasi pematung, misalnya: Patung Figur Surealisme, Patung Ganesya, Patung Lilin Naga, Patung Naga Cina, Patung Malaikat Perempuan, Patung Figur Topang Dagu, Patung Figur Tanpa Lengan, dan sebagainya. Desain abstrak menunjukkan adanya desain yang telah meninggalkan bentuk-bentuk alam dengan perwujudan yang bersifat abstrak. Desain ini tidak sedikitpun menampilkan bentuk yang umum dikenal seperti bentuk-bentuk yang ada di alam, misalnya Patung Figur Wanita, Patung Figur Dua Manusia, Patung Figur Tiga Kepala, Patung Figur Membungkuk, Patung Figur Ayah dan Anak, dan sebagainya. Desain figuratif ini merupakan tiruan dari bentuk alam (manusia, binatang, dan tumbuhan). Perwujudannya berdasarkan fisio plastis atau bentuk fisik baik anatomi proporsi, maupun gerak. Beberapa contoh desain figuratif ini adalah Patung Gembala Kerbau, Patung Budha Duduk Bersila, Patung Interior Siput, Patung Kuda Berdiri, Patung Pemain Golf, dan sebagainya. Atas dasar hasil penelitian ini, maka disarankan agar para pengrajin terus menggali ide-ide untuk menciptakan desain baru sesuai tuntutan perkembangan pasar, Penelitian ini juga perlu diadakan tindak lanjut berupa penelitian sejenis dengan objek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73160

Actions (login required)

View Item View Item