Emma, Elisabeth Budiasih Winni (2020) Pendapat guru seni budaya SMP swasta Kota Batu tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya / Elisabeth Budiasih Winni Emma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Winni Emma Elisabeth Budiasih. 2019. Pendapat Guru Seni Budaya SMP Swasta Kota Batu Tentang Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Indrawati M.Pd. (II) Denik Ristya Rini S.Pd M.Pd. Kata Kunci seni budaya faktor pendukung faktor penghambat Pembelajaran Seni Budaya memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran lainnya yaitu penekanan aspek rasa yang lebih daripada aspek pikiran. Guru Seni Budaya sebagai fasilitator bertanggungjawab untuk menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik serta melatih kepekaan estetis untuk membentuk peserta didik menjadi pribadi yang utuh. Akan tetapi fakta menunjukkan bahwa masih ada guru Seni Budaya yang latar belakang pendidikannya bukan dari perguruan tinggi seni sehingga muncul kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru Seni Budaya yang bersangkutan dalam melaksanakan pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru Seni Budaya berlatarbelakang pendidikan non seni dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya serta alternatif solusi yang telah dilakukan oleh guru seni budaya dan pihak sekolah dalam rangka menindaklajuti faktor pendukung dan penghambat yang ada. Dalam penelitian ini dilakukan 3 langkah analisis data yakni reduksi data penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Langkah berikutnya adalah melakukan tahap triangulasi untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa indikator yang dapat mendukung guru Seni Budaya berlatarbelakang pendidikan non seni dalam melaksanakan pembelajaran Seni Budaya antara lain minat peserta didik sarana pra sarana sekolah proses dan evaluasi pembelajaran. Di samping itu persiapan guru Seni Budaya sebelum mengajar proses pelaksanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran kebijakan kurikulum sarana dan pra sarana sekolah menjadi faktor yang menghambat guru seni budaya berlatarbelakang pendidikan non seni dalam melaksanakan pembelajaran Seni Budaya. Terkait dengan faktor pendukung dan penghambat tersebut baik pihak sekolah maupun guru seni budaya berlatarbelakang pendidikan non seni memiliki alternatif solusi yang telah dicoba untuk diterapkan meskipun belum dapat mengatasi semua faktor penghambat yang ada. Fakta bahwa pembelajaran Seni Budaya masih dapat dilaksanakan oleh guru Seni Budaya berlatarbelakang pendidikan non seni tidak menutup kenyataan lain bahwa pemahaman guru Seni Budaya tersebut terhadap karakteristik pembelajaran seni masih sangat kurang sehingga karakteristik tersebut belum nampak selama pembelajaran Seni Budaya berlangsung. Namun kurangnya pemahaman tersebut disebabkan oleh kemampuan dan kompetensi guru yang memang tidak sesuai dengan bidang dan latar belakang pendidikannya sehingga hal ini dapat menjadi dasar bagi guru Seni Budaya pihak sekolah maupun perguruan tinggi seni untuk mengambil tindakan dan solusi agar dapat mengatasi masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/73159 |
Actions (login required)
View Item |