Karakter topeng malangan sebagai ide penciptaan poster dengan tracing method dalam upaya pelestarian dan pengenalan budaya lokal / Sri Aji Wisnu Taruna Bagus

Bagus, Sri Aji Wisnu Taruna (2020) Karakter topeng malangan sebagai ide penciptaan poster dengan tracing method dalam upaya pelestarian dan pengenalan budaya lokal / Sri Aji Wisnu Taruna Bagus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bagus, Sri Aji Wisnu Taruna. 2019. Karakter Topeng Malangan Sebagai Ide Penciptaan Poster Dengan Tracing Method Dalam Upaya Pelestarian dan Pengenalan Budaya Lokal. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rochman, S.Sn., M.Sn., (II) Denik Ristya Rini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Karakter Topeng Malangan, Poster Topeng Malangan, Poster dengan Tracing Method Topeng Malangan adalah suatu wujud budaya yang bersifat lokal dan menjadi ciri khas dari daerah tertentu yaitu Malang. Topeng Malangan seharusnya bisa menjadi identitas bagi daerah Malang, tetapi dengan berbagai faktor yang mempengaruhi, kini mulai banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut seakan Topeng Malangan mulai terlupakan. Maka dari itu dibuatlah Topeng Malangan ini dalam sebuah poster yang dikemas secara modern dengan tracing method agar dapat menarik minat masyarakat untuk melihat dan mengenal kembali Topeng Malangan yang merupakan warisan budaya dari Malang. Selain itu, poster ini juga dibuat sesederhana mungkin dengan menonjolkan enam karakter utama Topeng Malangan agar mudah diingat oleh masyarakat dan meninggalkan sebuah kesan. Pada penelitian penciptaan ini, digunakan metode dari Terry Lee Stone yang menyatakan bahwa proses penciptaan itu dibagi menjadi beberapa tahapan yang dimulai dari understand, ideate, dan execute. Tahap understand yaitu proses dimana pencipta berusaha mencari data yang ada di masyarakat atau bisa disebut dengan research dan menjadikannya sebuah konsep yang akan dikembangkan pada tahap selanjutnya. Ideate adalah sebuah proses dimana data dan konsep yang telah didapatkan dijadikan sketsa dasar yang menjadi acuan dalam merealisasikan karya dan pencipta juga mulai memikirkan alat, bahan, serta teknik yang akan digunakan untuk merealisasikan konsep tersebut atau disebut dengan exploration. Tahap terakhir yaitu execute, yang terdiri dari tahap developmet, production, dan project completion dimana pencipta mewujudkan konsep dan sketsa kasar yang dibuat ke dalam bentuk nyata atau visual sehingga menghasilkan suatu hasil karya yang dapat dinikmati dan diapresiasi. Metode tersebut juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pencipta selama proses penciptaan. Karya yang dihasilkan berjumlah enam buah dengan masing-masing karya berjudul Raden Panji Asmorobangun, Dewi Sekartaji, Raden Gunungsari, Dewi Ragil Kuning, Klana Sawendana, dan Bapang Joyosentiko. Masing-masing karya tersebut berukuran A2 atau berukuran sekitar 59,4 cm x 42,0 cm dan dicetak dalam kertas art paper 150 gram. Dalam setiap karya yang diciptakan, masing-masing karya diberi informasi singkat yang terkait dengan masing-masing karakter pada bagian bawah. Karya-karya tersebut kemudian dipamerkan secara berkelompok bertajuk “Citraloka” untuk diapresiasi pada tanggal 28-31 Mei 2018 di gedung E7 lantai 1 Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Poster dengan tracing method tentang Topeng Malangan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam mencari informasi seputar Topeng Malangan dan terbukti sangat diminati oleh masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tentang Topeng Malangan dilihat dari antusiasme yang tinggi ketika diadakannya pameran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73156

Actions (login required)

View Item View Item