Pengembangan komik tutorial menggambar ilustrasi manga berbasis webtoon sebagai sumber belajar menggambar SMPN 6 Malang / Yunesti Yasinta Putri

Putri, Yunesti Yasinta (2020) Pengembangan komik tutorial menggambar ilustrasi manga berbasis webtoon sebagai sumber belajar menggambar SMPN 6 Malang / Yunesti Yasinta Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Yunesti Yasinta, 2019. Pengembangan Komik Tutorial Menggambar Ilustrasi Manga Berbasis Webtoon Sebagai Sumber Belajar SMPN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didik Ramanadji M.Pd, (II) Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Komik Tutorial Menggambar Ilustrasi Manga, Webtoon Webtoon merupakan aplikasi komik online yang banyak digemari masyarakat karena banyak sekali genre didalamnya, aplikasi ini berasal dari Korea Selatan yang juga berkembang di Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia didalamnya. Komik yang akan dikembangkan yaitu komik tutorial menggambar ilustrasi manga yang diunggah secara online di aplikasi Webtoon sebagai sumber belajar menggambar ilustrasi. Komik tutorial menggambar ilustrasi manga berbasis online ini nantinya dapat dijadikan sumber belajar mandiri siswa karena dapat diakses kapan saja menggunakan komputer dan smartphone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dari Sugiyono yang mana metode ini diawali dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dilakukan di SMP 6 Malang pada anak kelas VIII.1 sampai kelas VIII.8 yang mana terdapat pelajaran menggambar ilustrasi dalam Kompetensi Dasar 3.2 didalamnya. Uji coba validai melibatkan 2 dosen dari Universitas Negeri Malang yaitu Yon Ade Lose S.Sn, M.Sn sebagai ahli media dan Drs. Triyono Widodo M.Sn sebagai ahli materi. Tahap uji coba dilakukan pada kelompok kecil dengan jumlah 5 siswa dan uji kelompok besar dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil angket validasi ahli materi, didapatkan persentase sebesar 80% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Dari hasil angket validasi ahli media, didapatkan persentase sebesar 88,33% dengan kategori valid dan layak digunakan. Hasil dari uji coba tahap pertama memperoleh persentase 87,69% dengan kategori valid sedangkan hasil uji coba tahap kedua mencapai persentase 85,12% dengan kategori layak digunakan. Komik tutorial menggambar ilustrasi manga online yang dikembangkan ini dibuat dengan 13 episode dan dapat unggah melalui aplikasi Webtoon dan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Salah satu saran yang didapat yaitu unuk penambahan materi selain sudut pandang agar komik tutorial ini lebih banyak manfaatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73155

Actions (login required)

View Item View Item