Peningkatan hasil belajar seni lukis melalui metode pembelajaran langsung (explicit instruction) pada siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Malang / Sugiarto Achmad Prayogi

Prayogi, Sugiarto Achmad (2020) Peningkatan hasil belajar seni lukis melalui metode pembelajaran langsung (explicit instruction) pada siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Malang / Sugiarto Achmad Prayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayogi, Sugiarto Achmad. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Seni Lukis Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction) Pada Siswa Kelas IXB SMP Negeri 1 Malang. Skripsi. Jurusan Seni Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hariyanto, M.Hum,. (II) Denik Ristya Rini, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Explicit Instruction, Hasil belajar Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya materi seni lukis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Malang dalam mengikuti pembelajaran seni lukis melalui metode Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini melaksanakan tindakan siklus sebanyak 2 kali yaitu siklus I dan siklus II. Dalam siklus I terdapat 8 siswa yang belum mencapai ketuntasan dengan rata-rata 81,74, hal ini karena guru kurang menguasai metode yang diterapkan dan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga tindakan dilanjutkan pada siklus II dengan penambahan media video yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa dan menambah pengetahuan siswa yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdarkan hasil tes yang dilaksanakan dalam siklus II, ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata 92,29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar hasil belajar siswa dapat meningkat, bagi sekolah diharapkan metode Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction) dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagi peneliti selanjutnya diharapkan model pembelajaran dapat menjadi lebih baik dan diterapkan dengan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73154

Actions (login required)

View Item View Item