Peningkatan hasil belajar keterampilan membuat konstruksi vertical garden materi seni rupa 3 dimensi modifikasi objek melalui metode demonstrasi dan eksperimen pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar / Fandy Yonistiawan

Yonistiawan, Fandy (2020) Peningkatan hasil belajar keterampilan membuat konstruksi vertical garden materi seni rupa 3 dimensi modifikasi objek melalui metode demonstrasi dan eksperimen pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar / Fandy Yonistiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yonistiawan, Fandy. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Membuat Konstruksi Vertical Garden Materi Seni Rupa 3 Dimensi Modifikasi Objek Melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M. Hum, (II) Lisa Sidyawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: perencanaan, peningkatan, hasil belajar, demonstrasi, eksperimen, konstruksi. Permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil observasi, pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat pada sub materi membuat konstruksi vertical garden materi seni rupa tiga dimensi modifikasi objek adalah pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak bisa berjalan dengan baik dalam kurun waktu dua tahun ini. Permasalahan muncul karena materi konstruksi vertical garden yang diajarkan baru dikenal oleh peserta didik. Oleh sebab itu, dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan materi membuat konstruksi vertical garden materi seni rupa tiga dimensi modifikasi objek dengan menerapakan metode demonstrasi dan eksperimen pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat. Penelitian dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus, siklus I dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dengan tahapan pelaksanaan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, tes praktek, dokumentasi, dan penyebaran angket. Pengambilan data difokuskan pada penilaian proses dan penilaian hasil praktek dengan menggunakan tiga tahapan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dinilai berdasarkan indikator penilaian proses berkarya berupa prosedur, kelengkapan, kerjasama, presentasi, dan kedisiplinan sedangkan indikator penilaian hasil berkarya berupa konsep, komposisi, kreatifitas, teknik, dan estetika. Hasil penelitian pada siklus I dengan rekapitulasi nilai rata-rata kelas 78 dengan kategori cukup baik, dan peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas 88 dengan kategori baik. Dalam hasil penelitian mengalami peningkatan pada ketuntasan peserta didik pada siklus I terdapat 25 siswa tuntas dan pada siklus II terdapat 34 siswa tuntas dari 34 siswa dalam kelas. Berdasarkan paparan hasil data yang didapat dari penerapan metode demonstrasi dan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi membuat konstruksi vertical garden karya seni rupa tiga dimensi modifikasi objek kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Srengat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73152

Actions (login required)

View Item View Item