Analisis motif kain tenun di kelompok usaha bersama Umapura Desa Ternate Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur / Sariantini Pitang

Pitang, Sariantini (2020) Analisis motif kain tenun di kelompok usaha bersama Umapura Desa Ternate Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur / Sariantini Pitang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pitang, Sariantini. 2019. Analisis Motif Kain Tenun Di Kelompok Usaha Bersama Umapura Desa Ternate Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn (II) Denik Ristya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Tenun Ikat Umapura, Motif, dan Makna Tenun di beberapa daerah memiliki kekhasan masing-masing, sehingga terdapat keberagaman motif dari latar belakang budaya dan lingkungan yang menciptakan keunikan dari hasil tenun pada setiap daerah. Khususnya di Kabupaten Alor memiliki beragam jenis motif kain tenun khas dari setiap daerahnya. Salah satunya adalah Desa Ternate yang terkenal akan motif kain tenunnya yang khas, terlebih bahan yang digunakan merupakan bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, motif, makna dan jenis pewarnaan yang digunakan dalam Kain Tenun Ikat Umapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah produk tenun dan narasumber dari beberapa ketua Kube Umapura. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan penemuan dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) visualisasi motif kain tenun di Kube Umapura. Membahas tentang keberagaman motif khas Umapura. (2) makna yang terkandung dalam kain tenun di Kube Umapura. Erat kaitannya dengan latar belakan dan symbol dari leluhur. (3) visualisasi warna kain tenun di Kube Umapura. Menggunakan bahan pewarnaan alam. Akan tetapi saat ini masyarakat umapura juga menggunakan benang pabrik sebagai background. Penerapan dalam keduanya dapat digabungkan antara pewarna alam pada motifnya dan benang pabrik sebagai background dari kainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, tenun Umapura masih mempertahanka motif peninggalan dari leluhur yang menjadi motif adat dan masih menggunakan benang kapas dan pewarna alam dalam proses pembuatan kain tenun. Peneliti mengharapkan untuk kedepannya akan ada penelitian berkelanjutan yang dapat menyempurnakan. Untuk perajin tenun ikat umapura selau mempertahankan kreatifitas dalam menciptakan desain-desain baru yang lebih beragam, bagi masyarakat dan pemerintah daerah harus selalu mempertahankan seni dan budaya yang ada, karena tenun merupakan bentuk warisan budaya nusantara yang tak ternilai harganya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73151

Actions (login required)

View Item View Item