Mitos gerhana bulan sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni grafis cetak tinggi / Izam Ismail - Repositori Universitas Negeri Malang

Mitos gerhana bulan sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni grafis cetak tinggi / Izam Ismail

Ismail, Izam (2019) Mitos gerhana bulan sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni grafis cetak tinggi / Izam Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ismail Izam. 2019. Mitos Gerhana Bulan Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd Kata Kunci Mitos Gerhana Bulan Metode Penciptaan Mitos gerhana bulan merupakan kepercayaan yang pernah ada pada kelompok masyarakat jawa. Masyarakat Jawa pada zaman dahulu mempercayai adanya sebuah kejadian yang berkaitan dengan adanya gerhana bulan. Menurut Nor dan Gondrong (2014 108) mengatakan bahwa dahulu orang-orang beranggapan bahwa gerhan bulan terjadi karena adanya raksasa yang melahapnya. Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan sebuah mitos saat ini kurang dianggap relevan untuk diyakini. Masyarakat saat ini umumnya telah mengetahui dan mengerti bahwa gerhana merupakan fenomena alam yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan paparan tersebut penulis menjadikan peristiwa dibalik mitos gerhana bulan sebagai kajian sumber gagaan dalam penciptaan karya seni grafis cetak tinggi. Mengangkat cerita yang dahulu menjadi kepercayaan masyarakat Jawa mengenai mitos gerhana bulan. Dengan adanya penciptaan karya seni grafis cetak tinggi ini dapat dijadikan sebagai media ekspresi dan media pembelajaan terkait dengan proses berkarya serta visualisai karya seni grafis cetak tinggi Metode dalam penciptaan karya seni grafis cetak tinggi inimenggunakan metode penciptaan Alma Hawkins terdiri dari tiga tahapan yaitu eksplorasi ekperimentasi dan pembentukan. Ketiga tahapan tersebut merupakan sebuah rangkaian dalam proses pembuatan karya seni grafis yang merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Penciptaan karya seni grafis cetak tinggi ini menghasilkan 6 karya dengan mitos gerhana bulan sebagai sumber inspirasi konsep dan ide gagasan penciptaan karya. Proses visualisasi karya melalui 14 tahapan sehingga terbentuk sebuah karya. Visualisasi keenam karya tersebut menampilkan objek dan warna yang menjadi simbol utama untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam karya. Tujuan dari karya tersebut adalah sebagai sarana dan media ekspresi dalam pembuatan karya media pembelajaran bagi pembaca dan juga dapat dijadikan referensi dalam penulisan skripsi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73149

Actions (login required)

View Item View Item