Pengembangan buku pop-up sebagai media pembelajaran aksara Jawa untuk kelas 7 di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang / Poniman

Poniman (2019) Pengembangan buku pop-up sebagai media pembelajaran aksara Jawa untuk kelas 7 di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang / Poniman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Poniman. 2019. Pengembangan Buku Pop-Up sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa untuk Kelas 7 di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hariyanto,M.Hum, (2) Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : media pembelajaran, buku pop-up, aksara Jawa Latar belakang penelitian dan pengembangan ini didasari oleh adanya masalah terkait dengan pembelajaran aksara Jawa yang ada di SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Kurangnya minat siswa terhadap materi aksara Jawa disebabkan karena media pembelajaran terkait materi aksara Jawa masih terbatas. Adanya penelitian dan pengembangan media pembelajaran buku pop-up aksara Jawa ini, permasalahan tersebut akan terjawab dan mendapatkan solusi. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran buku pop-up aksara Jawa ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran buku pop-up aksara Jawa yang layak digunakan untuk pembelajaran aksara Jawa kelas 7 di SMP Negeri Kesamben Kabupaten Jombang. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada metode penelitian dan pengembangan Sugiyono yang mencakup 10 langkah pengembangan. Langkah-langkah tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan produksi massal. Validasi dilakukan dalam dua tahap terpisah untuk mengetahui kelayakan media buku pop-up dalam segi isi dan bentuk medianyanya sebelum diujicobakan. Sedangkan, ujicoba produk dilakukan dengan bantuan 21 subjek siswa dan satu guru mata pelajaran Bahasa Jawa dalam dua tahap uji coba terpisah yaitu uji coba produk dan uji coba pemakaian. Uji coba dalam penelitian dan pengembangan menghasilkan skor yang digunakan untuk penentuan kelayakan media pembelajaran ini melalui tahap analisis data. Hasil validasi terdiri dari data validasi ahli media dengan perolehan skor 91,5% dan data ahli materi dengan perolehan skor 78,75%. Data validasi tersebut menyatakan media layak untuk digunakan dalam uji coba produk. Hasil uji coba produk terdiri dari dua data yang mencakup data uji coba oleh guru dan data uji coba oleh siswa. Data uji coba guru mendapatkan skor 96,5%, dan data uji coba siswa mendapatkan skor 87,5% dari keseluruhan reponden. Beberapa hasil analisis data penelitian dan pengembangan tersebut menyatakan bahwa media pembelajaran buku pop-up aksara Jawa tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran buku pop-up ini diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif media yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran aksara Jawa di lembaga-lembaga pendidikan yang membutuhkan. Besar harapan peneliti juga agar pemanfaatan media ini bisa dimaksimalkan untuk guru dan siswa serta pengembangan yang lain yang berkontribusi dalam tujuan pembelajaran aksara Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73148

Actions (login required)

View Item View Item