Pengembangan media pembelajaran berbasis infografis digital untuk materi menggambar alam benda pada kelas X Kejuruan Keramik di SMKN Negeri 5 Malang / Achmad Fabi Kristiono

Kristiono, Achmad Fabi (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis infografis digital untuk materi menggambar alam benda pada kelas X Kejuruan Keramik di SMKN Negeri 5 Malang / Achmad Fabi Kristiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Achmad Fabi Kristiono, 2019, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Infografis Digital Untuk Materi Menggambar Alam Benda pada Kelas X Kejuruan Keramik di SMK Negeri 5 Malang, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Hariyanto, M. Hum. (II) Lisa Sidyawati, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Infografis Digital, Menggambar Alam Benda Menggambar alam benda sendiri adalah menggambar dengan cara melihat secara langsung bentuk-bentuk benda yang dijadikan obyek gambar. Guru dalam menerangkan materi menggambar alam benda memiliki hambatan kurangnya media pembelajaran yang digunakan ketika proses pembelajaran. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran yang sederhana dan seadanya berupa soft file modul materi yang minim konten visual dan perkembangan teknologi pada media pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis infografis digital. Materi yang disampaikan dalam media pembelajaran adalah tentang menggambar alam benda dengan disertai gambar-gambar. Media pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan peserta didik dalam memahami materi menggambar alam benda dan meningkatkan semangat belajar peserta didik, guru juga memiliki alternatif pilihan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan Research & Development oleh Borg & Gall dengan tujuan utama (1) mengembangkan media pembelajaran (2) mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan media sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli, (4) revisi hasil validasi, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk akhir, (7) implementasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama melakukan penelitian, hasil validasi ahli materi oleh 2 validator yaitu Heri Catur Prasetya selaku guru kelas X kejuruan keramik SMK Negeri 5 Malang dan Fenny Rochbeind selaku dosen Universitas Negeri Malang mendapat total presentase sebesar 89%. Hasil validasi ahli media oleh 1 validator yaitu Andreas Syah Pahlevi selaku dosen Universitas Negeri Malang mendapat total presentase sebesar 90%. Hasil uji coba lapangan awal dengan subjek uji coba 10 peserta didik kelas X keramik 2 SMK Negeri 5 Malang mendapat total presentase sebesar 78,8%. Hasil uji pelaksanaan lapangan dengan subjek 30 peserta didik kelas X keramik 2 SMK Negeri 5 Malang mendapat total presentase sebesar 84,4%. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis infografis digital masuk dalam kriteria cukup valid, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih baik. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73146

Actions (login required)

View Item View Item