Pengembangan buku tutorial berkarya kriya keramik teknik pinching (pijitan) / Resti Arini Fauziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku tutorial berkarya kriya keramik teknik pinching (pijitan) / Resti Arini Fauziyah

Fauziyah, Resti Arini (2019) Pengembangan buku tutorial berkarya kriya keramik teknik pinching (pijitan) / Resti Arini Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauziyah Resti Arini. 2019. Pengembangan Buku Tutorial Berkarya Kriya Keramik Teknik Pinching (Pijitan). Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ponimin M.Hum. (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd. M.Pd. Kata Kunci buku tutorial keramik pinching. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan peneliti di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember pengerajin keramik mulai berkurang dan tidak ada satu sekolah pun di Ambulu yang mengenalkan dan mengajarkan tentang kriya keramik karena keterbatasan media pembelajaran alat dan bahan kriya keramik. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat seni kriya keramik adalah kekayaan yang patut untuk digali dikembangkan dan dilestarikan. Berdasarkan masalah tersebut media yang dikembangkan berupa media cetak buku tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku tutorial berkarya kriya keramik teknik pinching (pijitan) yang praktis sederhana menarik dan dapat digunakan secara luas dalam segala situasi dan kondisi. Media buku tutorial ini sebagai buku penunjang pembelajaran seni keramik yang memuat langkah-langkah dalam bentuk foto proses pembentukan keramik teknik pinching sehingga media ini dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari teori maupun praktik seni keramik. Model pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono sebagai berikut (1)potensi dan masalah (2)pengumpulan data (3)desain produk (4)validasi desain (5)revisi desain (6)uji coba produk (7)revisi produk (8)uji pemakaian (9)revisi produk dan (10)produksi massal. Pengembangan ini menggunakan uji validasi ahli materi validasi ahli media uji coba produk dengan subjek 3 peseta didik kelas X MA Al-Amien Ambulu dan uji pemakaian dengan subjek 15 peserta didik kelas X MA Al-Amien Ambulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah buku tutorial berkarya kriya keramik teknik pinching. Hasil dari pengembangan pada penelitian ini berupa Buku Tutorial Berkarya Kriya Keramik Teknik Pinching materi yang dimuat sebagai berikut (a)pengertian keramik (b)bahan keramik (c)peralatan pembentukan keramik (d)persyaratan tanah liat (e)pengolahan bahan keramik (f)ragam teknik pembentukan keramik (g)proses pembentukan keramik teknik pinching (h)pengeringan keramik dan (i)pembakaran keramik. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media buku tutorial berkarya kriya keramik diperoleh hasil persentase 91 6% validasi ahli media diperoleh persentase 90% uji coba produk (kelompok kecil) diperoleh persentase 91% dan uji pemakaian (kelompok besar) diperoleh persentase 93 5%. Pemaparan data hasil uji coba tersebut disimpulkan bahwa media buku tutorial berkarya kriya keramik teknik pinching masuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73136

Actions (login required)

View Item View Item