Pengembangan buku cerita fabel untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 3 di SDN Kembangan III Kabupaten Magetan / Tianelly Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita fabel untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 3 di SDN Kembangan III Kabupaten Magetan / Tianelly Anggraeni

Anggraeni, Tianelly (2019) Pengembangan buku cerita fabel untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 3 di SDN Kembangan III Kabupaten Magetan / Tianelly Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraeni Tianelly. 2019. Pengembangan Buku Cerita Fabel untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN Kembangan III Kabupaten Magetan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyanto M. Hum (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd Kata Kunci buku cerita fabel membaca Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membacadi kelas rendah SDN Kembangan III Kabupaten Magetan diketahui bahwa siswa tidak tertarik membaca dan kurang memiliki minat dalam pembelajaran membaca. Kondisi ini terjadi karena siswa hanya memiliki materi bacaan di buku teks pelajaran dan guru kurang menyediakan bahan bacaan dari media pembelajaran yang lain. Sedangkan siswa harus ditanamkan kebiasaan membacasejak tingkat kelas rendah karena membaca merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Model pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Pengembangan ini menggunakan uji coba ahli dan uji coba kelompok kecil dengan subyek 20 siswa kelas 2 dan 3 yang dipilih secara acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan angket. Instrumen utama penelitian dan pengembangan ini adalah buku cerita fabel Petualangan Perahu Kertas . Hasil dari pengembangan pada penelitian ini adalah berupa buku cerita fabel Petualangan Perahu Kertas yang memiliki spesifikasi sebagai berikut (a) sampul buku (b) alur cerita (c) Ilustrasi kartun. Buku cerita fabel ini selanjutnya digunakan ketika materi membaca pada saat mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah 2 dan 3. Dengan media ini dapat tercapainya tujuan pembelajaran materi membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Hasil validasi materi menunjukkan bahwa buku cerita fabel Petualangan Perahu Kertas diperoleh hasil presentase 96 4% validasi media diperoleh presentase 98 7% dan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil presentase 98 2%. Dari semua hasil tersebut disimpulkan bahwa buku cerita fabel Petualangan Perahu Kertas masuk dalam kategori sangat layak dan valid untuk digunakan pada siswa kelas 2 dan 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73135

Actions (login required)

View Item View Item