Pengembangan media pembelajaran materi batik lukis berbasis flipbook pada ekstrakurikuler seni lukis dan batik di SMA Negeri 1 Tumpang / Rizqia Ucik Arfina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran materi batik lukis berbasis flipbook pada ekstrakurikuler seni lukis dan batik di SMA Negeri 1 Tumpang / Rizqia Ucik Arfina Putri

Putri, Rizqia Ucik Arfina (2019) Pengembangan media pembelajaran materi batik lukis berbasis flipbook pada ekstrakurikuler seni lukis dan batik di SMA Negeri 1 Tumpang / Rizqia Ucik Arfina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Putri Rizqia Ucik A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Batik Lukis Berbasis Flipbook pada Kelas Ekstrakurikuler Seni Lukis dan Batik di SMA Negeri 1 Tumpang. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyanto M.Hum. (2) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Batik Lukis Flipbook Ekstrakurikuler Media Pembelajaran yang kurang relevan dan tidak variatif pada ekstrakurikuler seni lukis dan batik di SMA Negeri 1 Tumpang membuat materi dan praktikum kurang terlaksana dengan baik. Masalah yang dihadapi guru ialah guru kurang menguasai materi batik sehingga siswa hanya paraktik lukis tanpa praktik membuat batik. Sedangkan ekstrakurikuler yang harus diajarkan yakni seni lukis dan batik. Tujuan utama dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran flipbook adalah untuk mengembangkan buku panduan yang lebih inovatif sebagai media presentasi dan lebih menarik dalam berkarya batik. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil persentase tingkat kelayakan media flipbook yang dapat menjadi media guru sebagai pengganti persentasi di papantulis dan sebagai panduan siswa untuk menciptakan karya batik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Langkah yang dilakukan pada penelitian ini mulai dari (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Validasi ahli (5) Revisi validasi ahli (6) Uji coba kelompok kecil (7) Revisi (8) Uji coba kelompok besar (9) Revisi produk akhir (10) Implementasi. Hasil uji coba validasi melalui angket dinyatakan bahwa produk ini menghasilkan persestase (1) 78% diyatakan sesuai oleh ahli materi dengan kriteria cukup layak (cukup vaid) (2) 88 6% dinyatakan sesuai oleh ahli media dengan kriteria sangat layak (sangat valid). Pada uji coba kelompok kecil menghasilkan persentase 86 4% yang termasuk pada kriteria sangat layak atau sangat valid. Uji coba kelompok besar menghasilkan persentase 84 95% yang masuk pada kriteria sangat valid. Rata-rata presentase akhir berjumlah 84 4% berdasarkan kriteria kelayakan media sebelumnya maka produk hasil pengembangan media ini termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan pada pembelajaran ekstrakurikuler. Hasil penelitian dan pegembangan ini adalah produk media pembelajaran Mbatik yang dapat digunakan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran khususnya panduan membuat batik. Saran pemanfaatan media yakni terlebih dahulu guru memberikan stimulus berupa pertanyaan mengenai materi batik. Media ini dapat digunakan sebagai panduan siswa saat praktik dalam membatik didalam maupun diluar kelas. Produk penelitian dan pengembangan selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan sesuai dengan materi inovasi batik yang lebih baru sehingga siswa dapat termotivasi dan menambah keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73131

Actions (login required)

View Item View Item