Pengembangan buku teks berbasis ilustrasi tentang teknik pewarnaan dalam menggambar untuk kelas VII SMP Negeri 1 Malang / Dwi Yudi Novitasari

Novitasari, Dwi Yudi (2019) Pengembangan buku teks berbasis ilustrasi tentang teknik pewarnaan dalam menggambar untuk kelas VII SMP Negeri 1 Malang / Dwi Yudi Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Novitasari, Dwi Yudi. 2019. Pengembangan Buku Teks Berbasis Ilustrasi Tentang Teknik Pewarnaan Dalam Menggambar Untuk Kelas VII SMP Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hariyanto,M.Hum, (2) Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: buku teks, ilustrasi, teknik pewarnaan Kesulitan yang dialami oleh peserta didik sesuai hasil penelitian dalam pembelajaran menggambar adalah penerapan teknik pewarnaan. Teknik pewarnaan merupakan sub materi dari tahap finishing dalam menggambar yang tercantum pada KD 3.1 dan 4.1 mata pelajaran seni budaya (rupa) kelas VII semester 1. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan adalah media cetak berupa buku teks. Keunggulan buku teks berdasarkan hasil observasi yaitu buku teks memiliki urutan materi yang jelas dan mudah dipelajari bagi peserta didik secara mandiri, memiliki komponen dan kompetensi yang lengkap, memberi stimulus peserta didik untuk berfikir lebih luas, kreatif, dan reflektif, serta buku teks merupakan bagian dari pengembangan budaya baca. SMP Negeri 1 Malang, salah satu sekolah yang menerapkan budaya baca dan menerapkan materi teknik pewarnaan pada mata pelajaran seni budaya (rupa) kelas VII semester 1. Pada pembelajaran tersebut, buku penunjang materi teknik pewarnaan belum tersedia, selama pembelajaran peserta didik dan guru hanya menggunakan buku utama yang berisi tentang teknik menggambar. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks berbasis ilustrasi tentang teknik pewarnaan untuk mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Malang. Tahapan yang dilakukan pada penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel menjadi model 4-P. Model 4-P yaitu terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan uji coba ahli dan uji coba kelompok kecil dengan subyek 15 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes prestasi. Hasil penelitian dan pengembangan buku teks berbasis ilustrasi dari uji validasi ahli materi diperoleh hasil persentase 90,28%, uji validasi ahli media diperoleh hasil persentase 91,07%, uji validasi ahli praktisi diperoleh hasil persentase 98,28%, dan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase 95,5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa buku teks berbasis ilustrasi tentang teknik pewarnaan termasuk pada kriteria sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73127

Actions (login required)

View Item View Item