Meningkatkan hasil belajar membuat topeng malangan dengan bahan fiberglass menggunakan alat cetak silicon rubber pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan IV SMKN 10 Malang / Dheswita Ferby Lestari

Lestari, Dheswita Ferby (2019) Meningkatkan hasil belajar membuat topeng malangan dengan bahan fiberglass menggunakan alat cetak silicon rubber pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan IV SMKN 10 Malang / Dheswita Ferby Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari, Dheswita Ferby. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Membuat Topeng Malangan dengan Bahan Fiberglass Menggunakan Alat Cetak Silicon Rubber pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan IV SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hariyanto, M.Hum, Lisa Sidyawati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Topeng Malangan, Alat Cetak Berdasarkan hasil obeservasi pada pembelajaran seni budaya sub bidang seni rupa kelas X Teknik Komputer Jaringan IV SMK Negeri 10 Malang, diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam seni rupa berada di bawah KKM. Siswa yang terlihat kurang aktif, antusias, dan kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran seni budaya sub bidang seni rupa, karena guru kurang menerapkannya media pembelajaran berkesenian yaitu berupa alat cetak dengan baik. Dari 36 siswa hanya 11 siswa dengan prosentase 30,6% yang hasil belajar di atas KKM, sedangkan sebanyak 25 siswa dengan prosentase 69,4% siswa masih belum mencapai KKM (75). Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa membuat Topeng Malangan dengan bahan fiberglass pada siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan IV SMK Negeri 10 Malang dengan menerapkan alat cetak silicon rubber. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi, subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi 4) Refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes praktek, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I nilai pengamatan proses siswa berada diatas KKM (75) sejumlah 20 siswa dengan prosentasi 55,6%, sedangkan nilai hasil karya secara kelompok sejumlah 4 kelompok dengan prosentase 66,7%, dan untuk nilai akhir untuk individu 17 siswa dengan prosentasi 47,2%. Oleh karena itu dilakukan siklus II. Pada siklus II nilai pengamatan proses siswa berada diatas KKM (75) sejumlah 31 siswa dengan prosentasi 86,1%, sedangkan nilai hasil karya 6 kelompok berada diatas KKM (75) dan untuk nilai akhir untuk individu 34 siswa dengan prosentasi 94,4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa alat cetak silicon rubber dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa pada pembelajaran Seni Budaya sub praktek seni rupa membuat topeng Malangan. Disarankan guru dapat menggunakan alat cetak silicon rubber sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan pada setiap pembelajaran Seni Budaya sub seni rupa di kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73126

Actions (login required)

View Item View Item