Pengembangan infografis "All About Doodle" sebagai media pendukung materi ilustrasi terapan melalui media sosial instagram / Islah Ifadillah

Ifadillah, Islah (2019) Pengembangan infografis "All About Doodle" sebagai media pendukung materi ilustrasi terapan melalui media sosial instagram / Islah Ifadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Islah Ifadillah. 2019. Pengembangan Infografis “All About Doodle” Sebagai Media Pendukung Materi Ilustrasi Terapan Melalui Media Sosial Instagram. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hariyanto, M. Hum. (II) Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, infografis, doodle, Instagram Informasi akan mudah ditangkap oleh komunikan jika berbentuk infografis. Penerapan infografis dapat ditempatkan di berbagai media, salah satunya pada media sosial Instagram. Tidak hanya untuk berbagi foto dan video saja, tetapi Instagram dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi yang dapat menambah wawasan pengetahuan. Kemudahan ini dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi berupa infografis dengan mudah. Media sosial Instagram dipilih karena setiap orang dapat dengan mudah mengakses, gratis, dan setiap saat dapat disimpan maupun di share dengan mudah hanya dengan melalui smartphone. Media sosial Instagram dapat dimanfaatkan juga dalam pendidikan sebagai media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan infografis “All About Doodle” sebagai media pendukung materi ilustrasi terapan melalui media sosial Instagram yang menarik dan mencakup informasi tentang doodle. Melalui media sosial Instagram, infografis menjadi lebih mudah untuk dipelajari dan diakses. Infografis “All About Doodle” bukan hanya untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang tetapi juga untuk yang anggota komunitas yang baru bergabung maupun untuk masyarakat yang ingin belajar tentang doodle. Model pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Pengembangan ini menggunakan uji coba ahli dan uji coba kelompok kecil dengan subyek 10 siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah infografis “All About Doodle”. Hasil dari pengembangan ini adalah berupa infografis “All About Doodle” yang diunggah pada akun Instagram @aboutdoodle_ind dengan spesifikasi sebagai berikut: (a) pengertian doodle, jenis-jenis doodle, (c) manfaat doodle, (d) tips menggambar doodle, (e) alat dan bahan, (f) cara mendapat ide untuk menggambar doodle, (g) kreasi doodle, (h) informasi bonus. Infografis ini selanjutnya akan diunggah pada media sosial Instagram dengan tambahan cakupan materi pada setiap caption atau keterangan pada postingan Instagram. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa infografis “All About Doodle” diperoleh hasil persentase 91,7%, validasi media diperoleh persentase 90%, dan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase 82%.Dari semua hasil tersebut disimpulkan bahwa infografis “All About Doodle” masuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan dan diunggah pada media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73125

Actions (login required)

View Item View Item