Ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan sebagai inspirasi penciptaan seni lukis / Faridhatul Khoirul Jannah

Jannah, Faridhatul Khoirul (2019) Ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan sebagai inspirasi penciptaan seni lukis / Faridhatul Khoirul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah, Faridhatul Khoirul. 2019. Ikan Bandeng dan Lele dalam Lambang Kabupaten Lamongan sebagai Inspirasi Penciptaan Seni Lukis. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd., Fenny Rochbeind, S.Pd, M.Sn. Kata Kunci : Ikan Bandeng dan Lele, Lambang Kabupaten Lamongan, Penciptaan Seni Lukis Ikan bandeng dan lele merupakan lambang Kabupaten Lamongan yang kemudian menjadi ikon daerah. Di balik gambar ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan terdapat makna yang bersumber dari legenda dan mitos yang berkembang dalam masyarakat Lamongan serta potensi komoditi di bidang perikanan sebagai mata pencaharian masyarakat yang merupakan bagian dari budaya yang diwariskan secara turun temurun pada masyarakat khususnya di Kabupaten Lamongan. Masalahnya, masyarakat khususnya generasi muda belum mengetahui makna yang tersirat dalam lambang Kabupaten Lamongan sehingga kurang memahami asal usul budayanya. Hal tersebut membuat pencipta tergugah untuk menjadikan ikan bandeng dan lele sebagai inspirasi berkarya lukis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penciptaan seni dengan menggunakan model proses kreatif Alma Hawkins yang meliputi: tahap eksplorasi, tahap improvisasi, dan pembentukan. Konsep yang mendasari penciptaan adalah budaya lokal Lamongan yang terinspirasi pada ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan. Adapun tema penciptaan adalah legenda ikan bandeng dan lele. Tujuan penciptaan ini memaparkan proses penciptaan karya lukis yang bersumber dari ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan, dan memaparkan hasil penciptaan keenam karya lukis yang bersumber dari ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan. Penciptaan ini menghasilkan 6 karya seni lukis yang berjudul Ika(ta)n Bathin, Ungkap Tabir, Lindhung Pusaka, Tabu, Winih Urip serta Ngerejekeni. Keenam karya lukis yang diciptakan bertujuan untuk menambah wawasan berkarya seni lukis dan sebagai sarana apresiasi kepada masyarakat tentang makna ikan bandeng dan lele dalam lambang Kabupaten Lamongan yang diimplementasikan ke lukisan. Melalui karya seni lukis yang diciptakan, diharapkan dapat menjadi media apresiasi bagi masyarakat, dan menambah pengetahuan serta wawasan bagi pendidikan khususnya terkait dengan pengenalan budaya lokal Lamongan kepada peserta didik dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73118

Actions (login required)

View Item View Item