Identifikasi pola geometrik pada ragam hias Sundawa dalam produk industri kain tenun gedogan / Nisa'u Shalihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pola geometrik pada ragam hias Sundawa dalam produk industri kain tenun gedogan / Nisa'u Shalihah

Shalihah, Nisa'u (2019) Identifikasi pola geometrik pada ragam hias Sundawa dalam produk industri kain tenun gedogan / Nisa'u Shalihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shalihah Nisa u. 2018. Identifikasi Pola Geometrik Pada Ragam Hias Sundawa Dalam Produk Industri Kain Tenun Gedogan. Desa Pringgasaela Skripsi Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) A.A.G. Rai Arimbawa Drs. M. Sn (II) Lisa Sidyawati S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Geometrik Ragam Hias Sundawa Kain Tenun Gedogan Industri Ragam hias Sundawa merupakan salah satu kerajinan atau kesenian budaya masyarakat yang ada di Desa Pringgasela kegiatan bertenun sering dilakukan oleh para kaum wanita. Ragam hias Sundawa menjadi salah satu ikon yang mencerminkan tentang kehidupan atau alam. Sundawa diambil dari nama sungai yang terbentang sepanjang Desa Pringgasela. Kain tenun Gedogan keberadaannya telah diwariskan oleh suku Sasak dengan cara Tradisional dari masyarakat di Desa Pringgasela. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi pola geometrik yang ada pada ragam hias Sundawa dalam produk Industri kain tenun Gedogan di Desa Pringgasela. Hal ini dapat ditinjau dari bentuk dan struktur ragam hias Sundawa. Visualisasi ragam hias Sundawa pada wariasi warna dan pola perulangan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis dengan pendekatan kualitatif dengan data yang dikumpulkan dari wawancara observasi dan dokumentasi dengan jenis penelitian deskriptif. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap observasi wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian menggunakan jenis penelitian deksriptif kualitatif dimana peneliti melakukan pengumpulan data yang berasal dari naskah wawancara observasi dan dokumentasi. Pada data penelitian dilakukan reduksi data penyajian data dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi pola geometrik dengan perulangan pada ragam hias Sundawa kain tenun Gedogan Desa Pringgasela sehingga pola geometris pada ragam hias Sundawa dapat membentuk segitiga dan segiempat yang memiliki ukuran yang sama dengan perpaduan warna yang manis antara bentuk tersebut. Dari beberapa bidang yang diberi ragam hias Sundawa memiliki paduan warna yang saling melengkapi pada tiap bentuk pada ragam hias Sundawa. Dari semua ragam hias yang terdapat pada kain tenun Gedogan Desa Pringgasela bentuk ragam hias yang terdapat pada kain tenun Gedogan pada bidang tengah kain lebih jelas dan pola yang kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/73112

Actions (login required)

View Item View Item