Pengembangan media presentasi interaktif pada tema When English Rings a Bell kelas VIIA 2017 di SMPN 2 Grati Pasuruan / Fachreza Kurniawan

Kurniawan, Fachreza (2018) Pengembangan media presentasi interaktif pada tema When English Rings a Bell kelas VIIA 2017 di SMPN 2 Grati Pasuruan / Fachreza Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Fachreza. 2017. Pengembangan Media Presentasi Interaktif Pada Tema When English Rings a Bell untuk Kelas VIIA 2017 di SMPN 2 Grati Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Sulthoni, M.Pd., (II) Dra. Susilaningsih, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, media, Presentasi Interaktif, When english rings a bell. Dalam pembelajaran di Kurikulum 2013, salah satu Tema tentang When english rings a bell kelas 7 di SMPN 2 Grati Pasuruan diterapkan menggunakan modul yang dirasa ada beberapa kelemahan yaitu berisikan materi dalam bentuk tulisan yang minim gambar dan keterangan. Diperlukan media pembelajaran guna melengkapi kelemahan modul. Salah satu upaya dengan menggunakan media yang berisikan materi dalam bentuk teks, gambar, video, dan animasi. Berkaitan dengan itu, media berisikan bahasan materi yang terkait dalam When english rings a bell. Tujuan dari pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media presentasi interaktif yang valid untuk kegiatan pembelajaran pada Tema ÔÇ£When english rings a bellÔÇØ Kelas 7 SMPN 2 Grati Pasuruan. Pengembangan media ini dilakukan mengikuti model rancangan pengembangan menurut Sugiyono. Adapun langkah langkah yang dilakukan seperti yang tertera pada flow chart sebagai berikut : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Produk, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi Ujicoba Produk, 8) Produk Akhir. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa siswa kelas 7 SMPN 2 Grati Pasuruan atau yang mengikuti materi When english rings a bell. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan media presentasi interaktif ini memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 90%, ahli materi 97,5%, uji coba perorangan 93,3 %, uji coba kelompok kecil 87,6 % dan uji coba kelompok besar 95,41%. Dari data analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Presentasi Interaktif Tema When english rings a bell untuk Kelas VII SMPN 2 Grati Pasuruan ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa, terdapat 37 siswa atau seluruh siswa berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Maka Media Presentasi Interaktif Tema When english rings a bell untuk Kelas VII SMPN 2 Grati Pasuruan ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Saran yang diajukan bagi siswa, sebaiknya dalam menggunakan media presentasi interaktif pada Tema When english rings a bell sebaiknya mempelajari petunjuk pemanfaatan. Bagi guru kelas 7 adalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan media ini sehingga siswa memperoleh sumber belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item