Motif biota laut karya Jasmiko di UD Rengganis Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo / Jeffri Aditama - Repositori Universitas Negeri Malang

Motif biota laut karya Jasmiko di UD Rengganis Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo / Jeffri Aditama

Aditama, Jeffri (2016) Motif biota laut karya Jasmiko di UD Rengganis Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo / Jeffri Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aditama Jeffri. 2016. Motif Biota Laut Karya Jasmiko di UD Rengganis Desa Selowogo Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd. Kata kunci Motif biota laut Jasmiko Situbondo. Situbondo merupakan kabupaten yang berada di daerah pesisiran yang terkenal dengan hasil laut dan kerajinan kerangnya. Situbondo juga memiliki batik khas yang menjadikan kerang dan biota laut sebagai motifnya. Salah satunya yaitu motif karya Jasmiko. Selain memiliki ciri khas kerang dan biota laut motif karya Jasmiko ini juga mengandung makna simbolik. Sentral produksi batik motif biota laut karya Jasmiko ini berada di UD Rengganis Desa Selowogo. Batik motif biota laut karya Jasmiko telah ditetapkan sebagai seragam PNS Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji lebih dalam bagaimana visualisasi motif dan makna simbolik motif biota laut karya Jasmiko di UD. Rengganis Desa Selowogo Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visualisasi motif dan makna simbolik motif karya Jasmiko. Pengumpulan data menggunakan tiga metode meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dengan peningkatan ketekunan dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) batik karya Jasmiko di UD. Rengganis Desa Selowogo Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo ini merupakan batik modern dan termasuk jenis batik pesisiran dengan motif yang cenderung bebas dengan warna yang beragam dan mencolok. Ciri khas motif berupa kerang dan biota laut. Jenis kerang yang digunakan berupa jenis kerang darah dan kerang mahkota. Biota laut yang digunakan berupa alga hijau dan terumbu karang. (2) Inspirasi atau ide penciptaan motifnya diambil dari kondisi geografis Situbondo yang berada di daerah pesisiran yaitu berupa pesona pantainya kekayaan alam dan hasil kerajinan masyarakat Situbondo serta adat dan kebuyaan mayarakat Situbondo. (3) Makna simbolik motif biota laut karya Jasmiko ini mengandung pesan moral yang divisualisasikan dalam bentuk visual pada setiap motifnya yang secara keseluruhan menggambarkan kondisi Kabupaten Situbondo yaitu ditinjau kondisi geografis Situbondo yang merupakan daerah pesisir adat istiadat dan budaya masyarakat serta ada motif yang mengandung ajaran budi luhur. Saran penelitian ini kepada bapak Jasmiko selaku penggagas motif biota laut di UD. Rengganis ini diharapkan untuk mampu mengembangkan ide kreatifnya dalam penciptaan motif-motif batik Rengganis yang baru. Serta bagi lembaga sekolah SMP SMA dan SMK dapat menjadikan motif biota laut karya Jasmiko sebagai sumber pembelajaran dan media apresiasi bagi siswa sebagai bentuk pengenalan dan pelestarian batik asli Situbondo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72991

Actions (login required)

View Item View Item