Penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang / Defile Agustini Bintoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang / Defile Agustini Bintoro

Bintoro, Defile Agustini (2016) Penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang / Defile Agustini Bintoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustini Defile. 2016. Penelitian Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Kelas VIII Di SMP Negeri 21 Malang. Skripsi Jurusan Seni Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Indrawati M.Pd. (II) Ike Ratnawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Seni Budaya Seni Rupa Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam era perkembangan Iptek yang begitu pesat guru tidak cukup hanya dengan membelajarkan siswa tetapi harus mampu mengelola informasi dan lingkungan untuk menfasilitasi kegiatan belajar siswa. Untuk itu penulis ingin mendiskripsikan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan media pembelajaran yang digunakan untuk kompetensi dasar pengetahuan pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang (2) mendiskripsikan media pembelajaran yang digunakan untuk kompetensi dasar keterampilan pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk menguji instumen data menggunakan uji coba isi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media-media yang digunakan untuk kompetensi dasar pengetahuan adalah buku paket contoh hasil karya papan tulis dan contoh gambar dengan intensitas penggunan pada kegiatan pendahulan dan inti pembelajaran (2) media-media yang digunakan untuk kompetensi dasar ketrampilan adalah buku paket contoh gambar contoh hasil karya dan papan tulis dengan intensitas penggunaan pada kegiatan pendahuluan dan inti pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan (1) pada penelitian ditemukan kondisi jika guru jarang menggunakan media berbasis teknologi maka diharapkan pihak sekolah lebih memperhatikan dan memberi dukungan kepada guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi (2) dari hasil penelitian ditemukan kondisi jika guru dalam proses pembelajaran jarang menggunakan media berbasis teknologi maka diharapkan guru bisa memanfaatkan penggunaan media berbasis teknologi dan memanfaatkan fasilitas dari pemerintah melalui laman belajar kemendikbud.go.id (3) dari hasil penelitian ditemukan kondisi jika guru kurang menguasai media pembelajaran berbasis teknologi maka diharapkan jurusan seni desain Universitas Negeri Malang bisa membuat program untuk guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi (4) penelitian ini tidak seluruhnya mengacu pada teori Edgar Dale. Teori Edgar Dale adalah klasifikasi 11 tingkat pengalaman belajar dari yang paling konkret sampai paling abstrak. Maka diharapkan peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian dengan menjabarkan indikator jenis media sesuai dengan teori Edgar Dale.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72988

Actions (login required)

View Item View Item