Pengaruh model pembelajaran brain-based learning berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMK Muhammadiyah 01 Batu / Hanif Azhar

Azhar, Hanif (2018) Pengaruh model pembelajaran brain-based learning berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMK Muhammadiyah 01 Batu / Hanif Azhar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Azhar, Hanif. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Biologi di SMK Muhammadiyah 01 Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd, (2) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd. Kata kunci : Model pembelajaran Brain Based Learning, media video pembelajaran, minat dan motivasi belajar, hasil belajar konsep. Model pembelajaran sebagai salah satu komponen penting dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, peneliti dalam perspektif teknologi pendidikan mencoba memberikan alternatif dalam penggunaan model pembelajaran kepada guru berupa model pembelajaran Brain Based Learning guna meningkatkan hasil belajar siswa, melalui penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMK Muhammadiyah 1 Batu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experimental design dan dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Batu, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X jurusan Agribisnis Ternak Unggas (ATU), kelas X ATU 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X ATU 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, data hasil belajar biologi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t&#8462;&#65533;&#65533;&#65533;&#65533;&#65533; 0,015 < t&#65533;&#65533;&#65533;&#65533;&#65533; 2,036 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,988 > 0,05. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning bebantuan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran bisa berlangsung efektif dan efisien dengan lebih mematangkan dan memahami konsep serta tahapan-tahapan yang terdapat dalam model Brain Based Learning. Guru juga harus mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar melalui stimulus-stimulus yang diberikan selama maupun sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item