Pengembangan video pembelajaran teknik budidaya hidroponik pada Departemen Pendidikan dan Pelatihan PT Kusuma Satria Agrobio Tani Perkasa / Yuni Putri Sinta Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran teknik budidaya hidroponik pada Departemen Pendidikan dan Pelatihan PT Kusuma Satria Agrobio Tani Perkasa / Yuni Putri Sinta Nurhayati

Nurhayati, Yuni Putri Sinta (2017) Pengembangan video pembelajaran teknik budidaya hidroponik pada Departemen Pendidikan dan Pelatihan PT Kusuma Satria Agrobio Tani Perkasa / Yuni Putri Sinta Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurhayati Yuni Putri Sinta. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Budidaya Hidroponik di Departemen Pendidikan dan Pelatihan PT Kusuma Satria Agrobio Tani Perkasa. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. Kata Kunci Media Video Teknik Budidaya Hidroponik Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara staf Departemen Pendidikan dan Pelatihan PT Kusuma Satria Agrobio Tani Perkasa. Pengembang mendapatkan informasi bahwa pelaksanaan pelatihan yang selama ini telah dilakukan kurang maksimal. Dalam proses pelatihan peserta pelatihan kurang dapat memahami materi yang disampaikan pemateri menjelaskan secara verbal dengan bantuan dari gambar-gambar yang ditampilkan dalam slide powerpoint. Sehingga pada saat melakukan percobaan atau eksperimen pemateri sering mengulang lagi materi yang telah disampaikan. Oleh karena itu perlu dikembangkan media video pembelajaran teknik budidaya hidroponik untuk mempermudah peserta pelatihan dalam memahami materi teknik budidaya hidroponik. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran materi Teknik Budidaya Hidroponik yang Vallid dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model Arief S. Sadiman. Kegiatan pengembangan produk ini divalidasi oleh ahli materi ahli media dan peserta diklat. Sedangkan efektifitas media video ini dilakukan melalui test uji hasil belajar. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari ahli media menunjukkan presentase 81% yang berarti media video valid digunakan untuk pembelajaran dari ahli materi 90% yang berarti media video valid untuk digunakan dari peserta diklat perorangan 88 75% yang berarti media video valid untuk digunakan dari peserta diklat kelompok kecil sebanyak 87 5% yang berarti media video valid untuk digunakan dan dari data uji lapangan diperoleh hasil sebesar 92 2% yang berarti media video valid. Sedangkan tes hasil belajar peserta diklat sebanyak 24 peserta diklat Sebelum penggunaan video pembelajaran peserta yang memenuhi SKM sebesar 8 3% menjadi 87 5% setelah menggunakan media video pembelajaran. Sehingga dari data tersebut menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses pelatihan Saran yang diajukan hendaknya produk video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi pemateri maupun peserta diklat.Untuk saran pemanfaatan media video ini sebaiknya digunakan pemateri dalam menyampaikan materi pelatihan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta diklat. Sedangkan saran bagi pengembang berikutnya agar mengembangkan video pembelajaran untuk materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item