Pengaruh model pembelajaran question student have terhadap hasil belajar peserta didik pada materi wakaf kelas X semester II MA Almaarif Singosari / Bayu Eko Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran question student have terhadap hasil belajar peserta didik pada materi wakaf kelas X semester II MA Almaarif Singosari / Bayu Eko Widodo

Widodo, Bayu Eko (2017) Pengaruh model pembelajaran question student have terhadap hasil belajar peserta didik pada materi wakaf kelas X semester II MA Almaarif Singosari / Bayu Eko Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Abstrak Widodo E Bayu 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Wakaf Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Semester II MA ALMAARIF Singosari. Pembimbing (1) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe M.Pd. (2) Dra. Susilaningsih M.Pd Kata Kunci Pengaruh Model Pembelajaran Hasil Belajar. Proses belajar merupakan usaha sadar yang dilakukan siswa dalam memperoleh pengetahuan dari guru. Sering dijumpai dalam beberapa kegiatan belajar siswa tidak memperhatikan penjelasan guru karena merasa bosan dan lelah dalam belajar hal ini dipicu oleh strategi guru tidak sesuai dengan keinginan siswa. Dengan demikian siswa akan lebih senang bercanda dengan temannya satu bangku sehingga akan merusak konsentrasi siswa yang lain hal ini berakibat pada perolehan hasil belajar yang menurun. Dengan adanya model pembelajaran Question Student Have akan membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Question Student Have terhadap hasil belajar peserta didik di MA ALMAARIF Singosari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua hipotesis pertama Hipotesis Nol (H0) tidak terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis pertanyaan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung dalam pembelajaran fiqih materi wakaf fiqih kelas X MA Almaarif Singosari. Kedua Hipotesis Alternatif (H1) terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis pertanyaan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung dalam pembelajaran fiqih materi wakaf fiqih kelas X MA Almaarif Singosari. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian ekspserimen dengan model eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Dengan pengumpulan data dilakukan dengan membagi kelas menjadi 2 kelompok yaitu kelas perlakuan dan kelas kontrol dari masing-masing kelompok tersebut diberikan pretest dan posttest dengan perlakuan yang berbeda untuk model pembelajaranya yang satu menggunakan model Questin Student Have sedangkan yang satunya tidak. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Qustion Student Have (QSH) dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil perhitungan rata-rata pada posttes masing-masing kelas kelas eksperimen 85 00 dan kelas kontrol 71 81. Dengan hasil temuan penelitian ini diharapkan dapat diterapkan pengajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada peserta didik. Peneliti selanjutnya disarankanii untuk mengembangkan penelitian dengan menggunakan model Question Student Have pada mata pelajaran fiqih dengan materi wakaf atau pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item