Pengembangan media kartu karakter hanzi bergambar (......) untuk melatih keterampilan menulis hanzi siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang / Shandy Primasari Yuwono

Yuwono, Shandy Primasari (2020) Pengembangan media kartu karakter hanzi bergambar (......) untuk melatih keterampilan menulis hanzi siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang / Shandy Primasari Yuwono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuwono, Shandy Primasari. 2019. Pengembangan Kartu Karakter Hanzi Bergambar (象形字) Untuk Melatih Keterampilan Menulis Hanzi Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum. Kata Kunci: Kartu Karakter Hanzi Bergambar象形字Xiàngxíng zì, Keterampilan Menulis, Bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan untuk pembelajaran bahasa Mandarin berupa media Kartu Karakter Hanzi Bergambar (象形字) Xiàngxíng zì. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Malang. Penelitian ini bertujuan melatih keterampilan menulis Hanzi siswa kelas XI SMA dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Terdapat 7 langkah yang dilakukan yaitu; (1) menentukan potensi dan masalah, (2) perencanaan produk, (3) perancangan desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) ujicoba produk, dan (7) revisi desain. Produk ini berupa media kartu yang berisi 25 kartu kata dan 18 kartu gabungan kata yang membentuk kosakata baru dalam bahasa Mandarin. Produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta diuji cobakan secara terbatas pada siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang. Media pembelajaran ini berisi tentang kosakata bahasa Mandarin yang telah disesuaikan dengan kemampuan siswa kelas XI SMA. Kartu ini dilengkapi dengan gambar yang mendefinisikan arti dari Hanzi yang dituliskan. Selain itu pada kartu terdapat pinyin, tata cara penulisan, serta arti dalam bahasa Indonesia. Siswa diberi stimulus untuk dapat menghafal tata cara penulisan Hanzi serta dapat mengingat arti dari Hanzi yang dituliskan dengan melihat gambar pada sisi depan kartu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72556

Actions (login required)

View Item View Item