Kesesuaian penggunaan metode dikte pada matakuliah menyimak dan berbicara II dalam pembelajaran abad 21 / Iis Nanda Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian penggunaan metode dikte pada matakuliah menyimak dan berbicara II dalam pembelajaran abad 21 / Iis Nanda Pratiwi

Pratiwi, Iis Nanda (2019) Kesesuaian penggunaan metode dikte pada matakuliah menyimak dan berbicara II dalam pembelajaran abad 21 / Iis Nanda Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi Iis Nanda. 2019. Kesesuaian Penggunaan Metode Dikte Pada Matakuliah Menyimak dan Berbicara II Dalam Pembelajaran Abad 21. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Primardiana Hermilia Wijayati M.Pd. Kata Kunci dikte menyimak berbicara bahasa Mandarin abad 21 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan menyimak dan berbicara mahasiswa angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UM di abad 21 (2) kesesuaian dari penggunaan metode dikte pada matakuliah menyimak dan berbicara II dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi wawancara dan angket. Observasi dilakukan untuk mengetahui sistem pembelajaran di kelas dosen serta respon mahasiswa ketika pembelajaran. Wawancara dilakukan untuk mengetahui rencana pembelajaran yang disusun oleh dosen sehingga yang menjadi narasumber adalah dosen. Angket dibagikan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan metode dikte. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UM angkatan 2018 yang berjumlah 48 mahasiswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas A dan kelas B. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan perhitungan presentase. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran menyimak dan berbicara mahasiswa angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UM di abad 21 belum dapat menghasilkan mahasiswa yang memiliki keterampilan 4C (creativity critical thinking communication collaboration) karena dosen tidak melakukan perencanaan pembelajaran dengan matang pembelajaran yang diterapkan berfokus pada pemahaman tentang fakta sehingga tidak sesuai dengan ciri-ciri pembelajaran abad 21 tugas-tugas yang diberikan belum mampu untuk membuat mahasiswa berpikir kritis atau membuat mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dan penggunaan media yang minim membuat mahasiswa kurang mendapat informasi. (2) Metode dikte yang diterapkan masih belum sesuai dengan matakuliah Menyimak Berbicara II dan penggunaan metode tersebut belum mampu untuk merealisasikan tujuan dari pembelajaran di abad 21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72554

Actions (login required)

View Item View Item