Penerapan strategi catatan jendela pada matakuliah cerita rakyat Tiongkok Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Siti Sholeha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi catatan jendela pada matakuliah cerita rakyat Tiongkok Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Siti Sholeha

Sholeha, Siti (2019) Penerapan strategi catatan jendela pada matakuliah cerita rakyat Tiongkok Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Siti Sholeha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Sholeha Siti. 2019. Penerapan Strategi Catatan Jendela pada Matakuliah Cerita Rakyat Tiongkok Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lilis Afifah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran strategi catatan jendela Cerita Rakyat Tiongkok. Strategi pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan oleh dosen dalam merancang suatu proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satu contoh strategi tersebut adalah strategi catatan jendela. Catatan jendela merupakan suatu strategi pembuatan catatan secara terbimbing dengan mengkategorikan materi yang disajikan ke dalam empat kuadran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan dan respons mahasiswa terhadap penerapan strategi catatan jendela dalam matakuliah Cerita Rakyat Tiongkok. Subjek penelitian adalah 19 orang mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2017 offering B Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan lembar angket. Seluruh data tersebut kemudian dianalisis dan dijabarkan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi catatan jendela membantu mahasiswa lebih aktif dalam merekam pembelajaran dan mereka sudah tidak bergantung terhadap kehadiran dosen. Hasil observasi menunjukkan dengan jelas bahwa mahasiswa antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil angket diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa mampu menggunakan strategi catatan jendela serta memberikan respons yang baik selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72551

Actions (login required)

View Item View Item