Pengembangan video pembelajaran "好僧或"[Hǎo sēnghuò] untuk melatih keterampilan berbicara bahasa mandarin siswa kelas X lintas minat SMA Negeri 2 Malang / Niobi Melati

Melati, Niobi (2020) Pengembangan video pembelajaran "好僧或"[Hǎo sēnghuò] untuk melatih keterampilan berbicara bahasa mandarin siswa kelas X lintas minat SMA Negeri 2 Malang / Niobi Melati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Melati, Niobi. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran好生活 [hǎo shēnghuó] untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 2 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurusan Sastra Jerman. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sawitri Retnantiti, Dr., M. Pd. (II) Aiga Ventivani, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Video “好生活 ”[hǎo shēnghuó], Bahasa Mandarin, keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video “好生活 ” [hǎo shēnghuó] sebagai media pembelajaran alternatif untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas X Lintas Minat SMAN 2 Malang. Proses produksi video menggunakan kamera Nikon D5200, Canon EOS M10, Sony HDR PJ410 HD Digital camera recorder dan disunting dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2018. Video ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian inti dan bagian penutup. Bagian pendahuluan terdapat tampilan awal dan audio narasi yang berisi pengenalan tentang video dan isi video. Pada bagian inti terdapat adegan kegiatan sehari-hari yang disertai 17 kalimat dan 10 latihan soal dalam bahasa Mandarin. Bagian penutup berisi narasi penutup, tampilan ucapan terima kasih dan credit title. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carey (dalam Tegeh 2013:21). Media ini telah melalui proses validasi oleh ahli materi dan ahli media. Peneliti juga melakukan uji coba kelompok kecil (enam orang siswa) dan uji coba kelompok besar (13 orang siswa) kepada siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 2 Malang. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video 好生活 [hǎo shēnghuó] dapat digunakan untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X Lintas Minat SMAN 2 Malang. Pernyataan ini didukung oleh hasil tahap pengembangan. Hampir seluruh siswa terbantu dengan latihan soal yang terdapat dalam video “好生活 ” [hǎo shēnghuó] untuk memahami materi kegiatan sehari-hari. Hampir seluruh siswa mengungkapkan bahwa mereka terbantu untuk memahami dan melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin dengan tema kegiatan sehari-hari. Hasil tahap pengembangan, selaras dengan observer selama proses uji coba kelompok besar. Suasana kelas sangat kondusif selama pelaksanaan uji coba. Siswa terlihat aktif menirukan kalimat-kalimat serta menjawab latihan soal dengan penggunaan ton yang benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72473

Actions (login required)

View Item View Item