Penggunaan media truth or dare card untuk keterampilan menulis siswa kelas XII lintas minat bahasa mandarin SMA Negeri 6 Malang / Desi Ulill Albab

Albab, Desi Ulill (2020) Penggunaan media truth or dare card untuk keterampilan menulis siswa kelas XII lintas minat bahasa mandarin SMA Negeri 6 Malang / Desi Ulill Albab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Albab, Desi Ulill. 2019. Penggunaan Media Truth or Dare Card untuk Keterampilan Menulis Siswa Kelas XII Lintas Minat Bahasa Mandarin SMAN 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Rizman Usman, M.Pd. Pembimbing: (II) Aiga Ventivani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Truth or Dare Card, Bahasa Mandarin, Keterampilan Menulis. Keterampilan menulis bahasa Mandarin di SMA Negeri 6 Malang harus memperhatikan kompetensi yang perlu dikuasai, yaitu aturan penguasaan kosakata struktur tata bahasa dan penulisan goresan (Hanzi) yang tepat. Pada penguasaan kosakata bahasa Mandarin, siswa harus mampu menulis menggunakan Hanzi sebanyak 150 kata yang setara dengan HSK level 1. Tujuan penelitian ini ialah 1) mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan media Truth or Dare Card pada keterampilan menulis bagi siswa kelas XII Lintas Minat Bahasa Mandarin SMAN 6 Malang, dan 2) mendeskripsikan respons siswa kelas XII lintas minat bahasa Mandarin SMAN 6 Malang terhadap media Truth or Dare Card. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut. 1) penggunaan media Truth or Dare Card ialah a) siswa dapat menggunakan media tersebut dengan lancar sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), b) dapat menjawab pertanyaan dari kartu Truth or Dare dengan tepat, dan c) waktu yang digunakan siswa untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan waktu yang diberikan guru. dan 2) respons siswa terhadap penggunaan media Truth or Dare Card adalah senang. yaitu a) siswa dapat melatih keterampilan menulis dengan menggunakan Hanzi serta struktur tata bahasa yang baik dan benar, b) siswa merasa senang dapat mengasah kemampuan menulis dalam menggunakan Hanzi sekaligus bermain, dan c) siswa dapat bekerjasama dengan saling mengevaluasi penulisan dan struktur tata bahasa yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72472

Actions (login required)

View Item View Item