Penerapan media permainan ..... [vidong ...] pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas XI-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Masidah Ulfa

Ulfa, Masidah (2020) Penerapan media permainan ..... [vidong ...] pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas XI-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Masidah Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulfa, Masidah. 2019. Penerapan Media Permainan移动盒 [yídòng hé] Pada Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dewi Kartika Ardiyani, M.Pd., (II) Karina Fefi Laksana Sakti, S.Pd., MTCSOL. Kata Kunci: Media Permainan移动盒 [yídòng hé], Keterampilan Berbicara, Bahasa Mandarin, Siswa Kelas XI Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa Mandarin yang harus dikuasai siswa. Media permainan移动盒 [yídòng hé] merupakan media dengan berbantuan kotak yang di dalamnya terdapat kosakata hanzi dan pertanyaan. Siswa dapat membuat kalimat dan menjawab pertanyaan menggunakan bahasa lisan. Media permainan tersebut dapat diterapkan pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan media permainan移动盒 [yídòng hé] pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas XI-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, dan (2) mendeskripsikan respons siswa kelas XI-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang terhadap media permainan移动盒 [yídòng hé] pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI-IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yang berjumlah 34 siswa. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil observasi keempat observer dan hasil wawancara dengan siswa dan guru pamong bahasa Mandarin SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil observasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan media permainan移动盒 [yídòng hé] dapat berjalan sesuai rencana. Sebagian besar siswa antusias dan semangat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Selain itu, siswa juga dapat aktif berbicara bahasa Mandarin. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa penerapan media permainan移动盒 [yídòng hé] membuat pembelajaran bahasa Mandarin menyenangkan dan tidak membosankan. Siswa dapat mengingat kosakata dan tata bahasa baru dengan cepat, karena media ini dapat melatih konsentrasi siswa. Selain itu, siswa dapat lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Mandarin. Dapat disimpulkan bahwa media permainan移动盒 [yídòng hé] efektif untuk diterapkan pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72471

Actions (login required)

View Item View Item