Pengembangan buku saku .... (liangci) sebagai penunjang pembelajaran gramatika mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Ridhotulfilla Apriliani Carera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku .... (liangci) sebagai penunjang pembelajaran gramatika mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Ridhotulfilla Apriliani Carera

Carera, Ridhotulfilla Apriliani (2019) Pengembangan buku saku .... (liangci) sebagai penunjang pembelajaran gramatika mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Ridhotulfilla Apriliani Carera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Carera Ridhotulfilla Apriliani. 2019. Pengembangan Buku Saku 37327 35789 [Li ngc ] Sebagai Penunjang Pembelajaran Gramatika Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Primardiana Hermilia Wijayati M.Pd. (II) Aiga Ventivani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci buku saku 37327 35789 [Li ngc ] kuantifikasi gramatika. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan buku saku 37327 35789 [li ngc ] sebagai bahan ajar dan sumber belajar gramatika kuantifikasi atau kata satuan bilangan bahasa Mandarin. Buku saku dikembangkan untuk mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Univesitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang dipakai adalah model Five Phases of Intructional Design oleh Cennamo dan Kalk (2005). Model ini terdiri dari lima tahap pengembangan yakni (1) definisi (define) (2) desain (design) (3) peragaan (demonstrate) (4) pengembangan (develop) dan (5) penyajian (deliver). Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar angket. Lembar angket diberikan kepada ahli materi ahli media dan subjek uji coba. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif yang didapat dari instrumen angket validasi baik validasi materi maupun media. Sementara teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data angket hasil uji coba. Hasil validasi materi validasi media uji coba skala kecil dan uji coba skala besar menunjukkan bahwa buku saku 37327 35789 [li ngc ] memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) pada buku saku terdapat 31 37327 35789 [li ngc ] yang tersebar dari HSK 1 sampai 4 (2) penyajian materi menggunakan tampilan perpaduan antara teks dan gambar (3) tampilan dalam buku saku dibuat berwarna (4) ukuran buku saku yang kecil memudahkan dalam penggunaannya (5) dilengkapi latihan soal sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi (6) buku saku dapat digunakan sebagai bahan ajar materi 37327 35789 [li ngc ] untuk pembelajaran gramatika kuantifikasi atau kata satuan bilangan bahasa Mandarin yang sesuai dengan capaian HSKnya dan (7) buku saku dapat digunakan mahasiswa sebagai sumber belajar mandiri materi 37327 35789 [li ngc ] yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Di samping kelebihan tersebut buku saku ini memiliki kekurangan yaitu (1) materi 37327 35789 [li ngc ] yang terbatas pada HSK 1 sampai 4 (2) ilustrasi gambar yang disediakan dalam buku tidak terlalu banyak dan (3) warna yang digunakan kurang cerah. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa buku saku 37327 35789 [li ngc ] sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar gramatika kuantifikasi atau kata satuan bilangan bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72465

Actions (login required)

View Item View Item