Penerapan aplikasi Chinese Strokes Order pada keterampilan menulis .......... siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM / Dewi Annisa

Annisa, Dewi (2019) Penerapan aplikasi Chinese Strokes Order pada keterampilan menulis .......... siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM / Dewi Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Annisa, Dewi. 2019. Penerapan Aplikasi Chinese Strokes Order pada Keterampilan Menulis 汉字 Hànzì Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dewi Kartika Ardiyani, SPd., M.Pd., (2) Amira Eza Febrian Putri, S.Pd, MTCSOL. Kata Kunci: Aplikasi Chinese Strokes Order, Keterampilan Menulis 汉字 Hànzì, Kendala, Faktor Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tentang penerapan aplikasi Chinese Strokes Order pada keterampilan menulis 汉字 Hànzì siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM, (2) Mendeskripsikan kendala siswa pada saat penerapan aplikasi Chinese Strokes Order, dan (3) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab adanya kendala siswa pada saat penerapan aplikasi Chinese Strokes Order. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM. Selain itu, instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan kuesioner. Beberapa kendala yang ditemui siswa saat pengoperasian aplikasi Chinese Strokes Order, yaitu sebagai berikut: (1) Kesulitan dalam mengikuti dan menulis langkah guratan suatu 汉字 Hànzì, (2) Kesulitan dalam menulis 拼音Pīnyīn dari 汉字 Hànzì suatu kata, dan (3) Kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi Chinese Strokes Order. Beberapa kendala tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: (1) Siswa belum menginstal keyboard dalam bahasa Mandarin, (2) Penayangan langkah guratan dari suatu 汉字 Hànzì terlalu cepat, (3) Siswa belum menghafal 汉字Hànzì dari suatu kata, dan (4) Siswa kurang memahami cara pengoperasian aplikasi Chinese Strokes Order. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Chinese Strokes Order dapat diterapkan pada kegiatan menulis 汉字Hànzì. Selain itu, penerapan aplikasi Chinese Strokes Order juga dapat melatih keterampilan siswa dalam menulis 汉字 Hànzì. Hal tersebut dikarenakan aplikasi tersebut mudah untuk digunakan serta siswa dapat menuliskan langkah guratan 汉字 Hànzì berdasarkan langkah penulisan yang tepat secara mandiri dan aktif. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72458

Actions (login required)

View Item View Item