Penerapan media pembelajaran flash "Listen and Match Chinese" untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Lisa Undari Wama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran flash "Listen and Match Chinese" untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Lisa Undari Wama

Wama, Lisa Undari (2019) Penerapan media pembelajaran flash "Listen and Match Chinese" untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Lisa Undari Wama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Wama Lisa Undari. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Flash Listen And Match Chinese Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Herri Akhmad Bukhori M.A. M.Hum. Pembimbing (II) Octi Rjeky Mardasari B.A. MTCSOL. Kata Kunci keterampilan berbicara media pembelajaran flash listen and match chinese Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai yaitu keterampilan berbicara. Dari pengamatan yang dilakukan peneliti siswa sering merasa takut dan malu untuk berbicara menggunakan bahasa Mandarin. Hal tersebut disebabkan siswa merasa kesulitan untuk menyusun kalimat yang tepat serta pelafalan yang kurang sesuai. Media flash listen and match chinese adalah media pembelajaran berisi materi keluarga yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang diterapkan pada siswa kelas XI IBB 1 untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran flash listen and match chinese serta untuk mengetahui respon siswa kelas XI IBB 1 SMA Laboratorium UM terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kelas XI IBB 1 sebanyak 18 siswa menjadi sumber data utama dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi lembar angket dan dokumentasi sebagai pendukung. Berdasarkan data hasil observasi dapat diketahui bahwa penerapan media flash listen and match chinese dengan tema keluarga berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Sebagian besar siswa merasa bersemangat dan antusias terlihat dengan keaktifan mereka selama pembelajaran berlangsung. Data dari hasil angket menunjukkan bahwa media ini dapat membantu siswa lebih aktif berbicara menggunakan bahasa Mandarin. Selain itu siswa juga dapat mengetahui pelafalan bahasa Mandarin yang benar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi media pembelajaran bahasa Mandarin khususnya untuk keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72456

Actions (login required)

View Item View Item