Pengaruh permainan auf dem rucken schreiben terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman kelas X SMA LAB UM / Hesti Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh permainan auf dem rucken schreiben terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman kelas X SMA LAB UM / Hesti Susanti

Susanti, Hesti (2019) Pengaruh permainan auf dem rucken schreiben terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman kelas X SMA LAB UM / Hesti Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Permainan Auf Dem R cken SchreibenTerhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Kelas X Sma Lab UmHesti Susanti S1 Pendidikan Bahasa JermanABSTRAKSusanti Hesti. 2019. Pengaruh Permainan Auf dem R cken Schreiben Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Kelas X SMA LAB UM. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Primardiana Hermilia Wijayati M.Pd.Kata Kunci permainan auf dem R cken schreiben kosakata peserta didik bahasa Jerman Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik yang menggunakan maupun tidak menggunakan permainan auf dem R cken schreiben (2) pengaruh penerapan permainan auf dem R cken schreibenterhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA LAB UM. Teknik sampling pada penelitian ini adalah simple random samplingdengan sampel kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol.Instrumen pada penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang digunakan untuk menguji hipotesis.Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa (1) data kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dengan nilai sig 0.05 nilai sig kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0.200 (2) data kelas eksperimen dan kontrol berasal dari data yang homogen yakni dengan nilai sig 0.361. Selanjutnya hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan permainan auf dem R cken schreibenberpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman kelas X SMA LAB UM. Hal ini dibuktikan dengan sig sebesar 0.007 0.05 dan hasil nilai rata-rata posttestkelas eksperimen sebesar 83.25 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 69.09.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) peserta didik kelas X IPS 1 yang menggunakan permainan auf dem R cken schreibenmemiliki penguasaan kosakata yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik X IPS 2 yang tidak menggunakan permainan auf dem R cken schreiben dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan permainan auf dem R cken schreibendalam pembelajaran bahasa Jerman terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72441

Actions (login required)

View Item View Item