Sprechtraining im deutschlub der Universitas Negeri Malang / Twinky Andrean Trianantyas

Trianantyas, Twinky Andrean (2020) Sprechtraining im deutschlub der Universitas Negeri Malang / Twinky Andrean Trianantyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Trianantyas, Twinky Andrean. 2019. Pelatihan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa di Deutschclub Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Univeristas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum. KataKunci:pelatihan berbicara,Deutschclub, keterampilan, berbicara Berbicara merupakan salah satu kemampuan yang relatif sulit untuk dikuasai mahasiswa bahasa Jerman Universitas Negeri Malang, meskipun telah dilakukan dengan berbagai upaya melalui kegiatan pembelajaran, seperti intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelatihan berbicara yang dilakukan di salah satu ekstrakurikuler yang berada di Sastra Jerman, yaitu Deutschclub dan mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi mahasiswa saat berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kuesioner. Terdapat tiga indikator pertanyaan dalam kuesioner penelitian, yaitu mengenai pelatihan berbicara mahasiswa, aktivitas belajar dan keterampilan berbicara mahasiswa. Untuk mengetahui permasalahan berbicara mahasiswa peneliti menggunakan tugas dalam bentuk transkripsi dan lembar nilai pada matakuliah Konversation 1. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa angkatan 2018 pada perkuliahan Konversation IProgram Studi Pendidikan Bahasa Jerman sejumlah 68 mahasiswa. Dari data hasil penelitiandapat diambil kesimpulan bahwa jumlah mahasiswa yang melakukan pelatihan berbicara cukup dominan dan mereka melakukannya secara terstruktur. Namun, masih terdapat beberapa aspek dalam berbicara yang belum mereka kuasai dengan baik, meskipun aspek-aspek tersebut sudah mereka dapatkan di perkuliahan. Deutschclub dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan tersebut dan bagi mahasiswa yang ingin melatih kemampuan berbicaranya. Selain itu, melalui Deutschclub mahasiswa dapat melakukan diskusi antarteman tanpa rasa ragu dengan teman seputar bahasa dan budaya Jerman, sehingga hubungan sosial antarmahasiswa program studi bahasa Jerman semakin erat. Di sisi lain, Deutschclub belum dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa karena rendahya frekuensi keikutsertaan mahasiswa di Deutschclub dan keaktifan di dalam klub tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72440

Actions (login required)

View Item View Item