Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CICR) terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman siswa MAN I Kota Malang / Rahmawati Widia Astuti

Astuti, Rahmawati Widia (2019) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CICR) terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman siswa MAN I Kota Malang / Rahmawati Widia Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astuti, Rahmawati Widia. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Siswa MAN 1 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum. Kata Kunci: model pembelajaran CIRC, keterampilan membaca, bahasa Jerman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah true experimental design dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang menempuh mata pelajaran bahasa Jerman di MAN 1 Kota Malang. Teknik sampling pada penelitian ini adalah sampling purposive dengan pertimbangan guru. Sampel yang diperoleh yakni kelas X-Agama sebagai kelas eksperimen dan kelas X-Bahasa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis diperoleh dari nilai pretest dan posttest melalui uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC telah mencapai nilai KKM dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa kelas X-Agama yang menggunakan model pembelajaran CIRC memiliki tingkat kemampuan keterampilan membaca yang lebih tinggi dibandingkan siswa kelas X-Bahasa yang tidak menggunakan model pembelajaran CIRC, dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas X di MAN 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72438

Actions (login required)

View Item View Item