Kesalahan penggunaan artikel dalam karangan siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Saifuddin Zuhri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan artikel dalam karangan siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Saifuddin Zuhri

Zuhri, Saifuddin (2019) Kesalahan penggunaan artikel dalam karangan siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Saifuddin Zuhri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zuhri Saifuddin. 2019. Kesalahan Penggunaan Artikel Dalam Karangan Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Edy Hidayat S.Pd. M.Hum. Kata Kunci kesalahan penggunaan Artikel karangan siswa Dalam bahasa Jerman Artikel dibagi dalam tiga jenis yaitu maskulin feminin dan netral. Dalam penggunaannya Artikel harus dideklinasikan sesuai dengan Genus Numerus dan Kasus nomina yang disertainya. Namun pada praktiknya masih banyak siswa yang melakukan kesalahan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan Artikel dalam karangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan dari 25 siswa kelas XI SMAN 9 Malang. Adapun data penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam karangan siswa yang memuat kesalahan penggunaan Artikel. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama sedangkan instrumen penunjangnya adalah tabel dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMAN 9 Malang telah menggunakan Artikel bahasa Jerman dalam karangannya. Penggunaan tersebut beragam antara lain penggunaan bestimmter dan unbestimmter Artikel yang sesuai dengan gender nominanya. Namun demikian masih ditemukan kesalahan penggunaan Artikel. Adapun bentuk-bentuk kesalahannya adalah (1) kesalahan deklinasi Artikel berdasarkan Numerus (2) kesalahan deklinasi Artikel berdasarkan Kasus (3) kesalahan deklinasi Artikel berdasarkan Genus (4) kesalahan penggunakan nomina tanpa Artikel dan (5) kesalahan penggunaan Artikel yang tidak perlu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72437

Actions (login required)

View Item View Item