Penggunaan media piktogram untuk melatih keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 7 Malang / Lidya Indriani Putri

Putri, Lidya Indriani (2020) Penggunaan media piktogram untuk melatih keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 7 Malang / Lidya Indriani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Lidya Indriani. 2019. Penggunaan Media Piktogram untuk Melatih Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A. Kata Kunci: Media, piktogram, keterampilan menulis Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media piktogram untuk melatih keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI lintas minat SMAN 7 Malang dan mengidentifikasi respons siswa terhadap penggunaan media piktogram. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Malang kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif . Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses belajar mengajar (PBM) bahasa Jerman dan siswa kelas XI MIPA 2 (lintas minat) SMAN 7 Malang. Data penelitian yang dibutuhkan berupa: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran bahasa Jerman dengan media piktogram berlangsung, (2) respons siswa terkait penggunaan media piktogram. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen penunjang adalah lembar observasi dan lembar kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, media piktogram merupakan media yang dapat memudahkan siswa dalam belajar karena mengedepankan proses yang menyenangkan sehingga menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan media piktogram dalam melatih keterampilan menulis. Siswa berpendapat bahwa media piktogram membuat mereka lebih terampil. Penggunaan media piktogram ini dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil kerja kelompok menyusun piktogram maupun dari hasil karangan siswa secara individu. Siswa dapat menyusun kata atau frasa menjadi sebuah kalimat dan menyusun kalimat menjadi sebuah karangan sederhana. Dapat dikatakan bahwa tujuan pembelajaran menggunakan media piktogram dapat tercapai. Perhatian dan keaktifan siswa dalam memahami materi semakin baik, hal ini tampak dari keseriusan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru. Siswa diberi kesempatan untuk bekerja secara berkelompok dan individu agar siswa termotivasi dan memperoleh hasil yang memuaskan dalam pembelajaran. Dari hasil menulis karangan sederhana yang diberikan siswa, membuktikan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyusun kalimat menjadi karangan sederhana dapat teratasi dengan menggunakan media piktogram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72435

Actions (login required)

View Item View Item