Pengembangan media permainan gerbanz untuk melatih penguasaan kosakata pada keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMAN 7 Malang / Anindya Putri Kariza

Kariza, Anindya Putri (2020) Pengembangan media permainan gerbanz untuk melatih penguasaan kosakata pada keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMAN 7 Malang / Anindya Putri Kariza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kariza, Anindya Putri. 2019. Pengembangan Media Permainan Gerbanz untuk Melatih Penguasaan Kosakata pada Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman di SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, MA., M.Hum. Kata Kunci: Gerbanz, Media Pembelajaran, Kosakata, Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Berbicara merupakan satu keterampilan berbahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sebagai cara untuk mengekspresikan, menyampaikan serta menyatakan ide, pikiran maupun gagasan seorang individu kepada individu lainnya secara lisan yang dimengerti oleh kedua pihak. Melalui pengalaman Kajian Pengalaman Lapangan (KPL) di SMAN 7 Malang, diketahui bahwa siswa masih merasa kesulitan dalam berbicara bahasa Jerman disebabkan kurangnya penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa. Selain itu, siswa menganggap pembelajaran bahasa Jerman yang bersifat konservatif kurang menarik, sehingga siswa kurang memerhatikan pembelajaran bahasa Jerman dan pembelajaran belum maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan sebuah media pembelajaran yang menarik dan dapat membantu mengatasi kesulitan-kesulitan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan model pengembangan ADDIE dari Dick dan Carry (1996). Model pengembangan tersebut mencakup 5 tahap untuk mengembangkan sebuah produk, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Adapun kegiatan validasi dilakukan sebelum melakukan tahap implementasi atau uji coba. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk media pembelajaran yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Implementasi produk atau uji coba produk dilaksanakan setelah produk melalui tahap validasi dan dianggap valid oleh kedua ahli. Uji coba dilakukan kepada siswa kelas XII Bahasa yang telah mengenali dan memahami materi. Data diperoleh melalui angket, observasi dan wawancara. Hasil data angket dianalisis menggunakan teknik prosentasi. Hasil data observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil validasi uji kelayakan tingkat validitas yang diperoleh media Gerbanz, ahli media memberikan skor 92,80%, sementara ahli materi memberikan skor 91,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ini valid dari segi produk dan segi materi. Melalui wawancara dengan siswa, media Gerbanz cukup efektif dan menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Gerbanz layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72434

Actions (login required)

View Item View Item