Penerapan media pembelajaran quizizz untuk melatih kemampuan gramatika mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Devi Hana Hasanah

Hasanah, Devi Hana (2019) Penerapan media pembelajaran quizizz untuk melatih kemampuan gramatika mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Devi Hana Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanah, Devi Hana. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Quizizz untuk Melatih Kemampuan Gramatika Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A. Kata Kunci: penerapan media, Quizizz, Struktur und Wortschatz II Dalam pendidikan bahasa salah satu hal yang diajarkan adalah gramatika. Gramatika bahasa Jerman di Universitas Negeri Malang diajarkan salah satunya pada matakuliah Struktur und Wortschatz II. Peneliti ingin menerapkan sebuah media pembelajaran alternatif dalam matakuliah ini. Media tersebut adalah Quizizz, sebuah situs kuis daring yang memiliki berbagai fitur menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan respons mahasiswa terhadap penggunaan Quizizz dalam perkuliahan. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan tingkat kedalaman analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah 24 orang mahasiswa offering C matakuliah Struktur und Wortschatz II angkatan 2018 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Data penelitian ini adalah catatan aktivitas dan respons mahasiswa terhadap penggunaan Quizizz. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz merupakan media pembelajaran yang menarik. Media ini meningkatkan semangat belajar mahasiswa. Penerapan Quizizz dalam perkuliahan mengalami sedikit kendala terkait koneksi Internet. Sistem ranking dalam Quizizz memotivasi mahasiswa untuk menjawab dengan benar dan teliti. Hitung mundur pada setiap soal memberikan dua bentuk efek, yakni rasa panik dan rasa tertantang. Quizizz kurang cocok digunakan untuk pemahaman materi dalam perkuliahan karena tidak memiliki pembahasan soal dalam media. Namun media ini dapat digunakan dengan beberapa penyesuaian ulang. Dari penelitian ini dapat diambil beberapa kelebihan dan kekurangan penerapan media Quizizz dalam perkuliahan. Kelebihan yang menonjol adalah Quizizz memberikan suasana baru bagi mahasiswa. Selain itu fitur dan sistem ranking dalam media Quizizz memberikan pengalaman berbeda dibanding penggunaan media PowerPoint. Hitung mundur yang singkat dalam media memberi mahasiswa sensasi panik dan tertantang. Hal ini dapat menjadi kelebihan atau kekurangan. Jika fitur ini memotivasi mahasiswa dalam belajar, maka hitung mundur menjadi kelebihan media. Namun jika hitung mundur memberikan tekanan yang menurunkan konsentrasi mahasiswa, maka fitur ini menjadi kekurangan. Tidak adanya pembahasan soal membuat mahasiswa kebingungan dalam memahami materi. Penggunaan media pembelajaran ini sebagai alternatif media dalam perkuliahan dapat dilakukan setelah beberapa penyesuaian ulang. Hitung mundur dapat diperlambat sehingga mahasiswa memiliki waktu lebih panjang untuk berpikir. Dosen dapat mengatur waktu untuk pembahasan soal dalam perkuliahan agar media ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman materi. Misalnya dosen dapat membahas soal-soal setelah kuis selesai, kemudian meminta mahasiswa untuk kembali mengerjakan kuis sebagai pemantapan materi. Taktik lain adalah menjelaskan materi sebelum meminta mahasiswa mengerjakan kuis. Quizizz juga dapat di terapkan pada materi gramatika yang lain. Peneliti selanjutnya dapat mencoba menerapkan media ini pada matakuliah lain atau meneliti data yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72433

Actions (login required)

View Item View Item