Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM angkatan 2016 pada matakuliah Deutsch Auf B2-Niveau / Dyah Ayu Anggraini Hidayati

Hidayati, Dyah Ayu Anggraini (2019) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM angkatan 2016 pada matakuliah Deutsch Auf B2-Niveau / Dyah Ayu Anggraini Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayati, Dyah Ayu Anggraini. 2019. Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa JermanUM Angkatan 2016 padaMatakuliahDeustch Auf B2-Niveau. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A. Kata Kunci: pengaruh, minat belajar, prestasi belajar, matakuliah Deustch Auf B2-Niveau, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh minat belajarterhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa JermanUM angkatan 2016pada matakuliah Deustch Auf B2-Niveau, serta melihat minat belajar terhadap prestasi belajar pada matakuliah Deustch Auf B2-Niveau. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam pembelajaran bahasa Jerman, serta menambah wacana faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar mahasiswa secara umum. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk membuat materi atau media untuk memaksimalkan metode pembelajaran dan meningkatkan minat belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif asosiatif. Penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Angket digunakan untuk memeroleh data minat belajar mahasiswa. Dokumentasi digunakan untuk memeroleh data prestasi belajar mahasiswa.Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji Regresi Linear Sederhana, dan uji t. Uji t dilakukan untuk menguji hipotesis yang telah disimpulkan oleh peneliti. Kesimpulan dari hasil analisis data pada penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa JermanUM Angkatan 2016 pada matakuliah Deustch Auf B2-Niveau. Minat belajar berpengaruh sebesar 6,60% terhadap prestasi belajar mahasiswa padamatakuliahDeustch Auf B2-Niveau dan 93,40% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72431

Actions (login required)

View Item View Item