Penerapan metode rollenspiel "Reporter und Schauspieler" pada keterampilan berbicara siswa kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM / Oky Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode rollenspiel "Reporter und Schauspieler" pada keterampilan berbicara siswa kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM / Oky Rahmawati

Rahmawati, Oky (2019) Penerapan metode rollenspiel "Reporter und Schauspieler" pada keterampilan berbicara siswa kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM / Oky Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rahmawati Oky. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Rollenspiel Reporter und Schauspieler untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dewi Kartika Ardiyani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci metode pembelajaran Rollenspiel keterampilan berbicara Metode pembelajaran Rollenspiel merupakan metode yang menuntut siswa untuk aktif berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Rollenspiel Reporter und Schauspieler dan mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode Rollenspiel Reporter und Schauspieler . Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berupa 32 siswa kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM dan seorang guru bahasa Jerman. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi lembar angket dan pedoman wawancara. Hasil observasi dan hasil angket digunakan untuk mendeskripsikan penerapan metode Rollenspiel Reporter und Schauspieler sedangkan hasil wawancara digunakan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode Rollenspiel Reporter und Schauspieler . Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mendapatkan respons yang baik dari siswa. Siswa menganggap bahwa metode ini menarik. Dengan menggunakan metode ini siswa menjadi lebih percaya diri aktif dan mudah memahami materi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Rollenspiel Reporter und Schauspieler dapat digunakan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman. Faktor- faktor internal keberhasilan penerapan metode ini adalah kesiapan dan motivasi siswa sedangkan faktor-faktor eksternal keberhasilan adalah prosedur pembelajaran topik pembelajaran media pembelajaran dan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72426

Actions (login required)

View Item View Item