Penerapan media pop up card pada keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Tumpang / Anita Lestari Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pop up card pada keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Tumpang / Anita Lestari Hadi

Hadi, Anita Lestari (2019) Penerapan media pop up card pada keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Tumpang / Anita Lestari Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Abstrak Hadi Anita Lestari. 2019. Penerapan Media Pop Up Card pada Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dewi Kartika Ardiyani S.Pd. M.Pd. Kata kunci media pembelajaran Pop Up Card keterampilan menulis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Pop Up Card dan hasil dari penerapan media Pop Up Card pada pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas XI Lintas Minat bahasa Jerman SMA Negeri 1 Tumpang. Media Pop Up Card adalah media yang berbentuk kartu yang jika dibuka akan muncul gambar tiga dimensi. Pada penerapannya siswa memproduksi karangan deskriptif sederhana sesuai dengan gambar yang terdapat pada media Pop Up Card. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi hasil angket siswa dan nilai keterampilan menulis siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI Lintas Minat bahasa Jerman SMA Negeri 1 Tumpang sebanyak 21 siswa. Pelaksanaan penerapan media Pop Up Card di SMA Negeri 1 Tumpang berjalan dengan lancar dan telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Siswa dapat mengikuti semua kegiatan pembelajaran dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media Pop Up Card siswa lebih semangat termotivasi dan aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jerman. Dari hasil tes menulis dapat diketahui bahwa nilai siswa telah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) pada mata pelajaran bahasa Jerman yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Card dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72423

Actions (login required)

View Item View Item